Tanaman Hias Air Bucephalandra Diburu

Tanaman Hias Air Bucephalandra Diburu

Foto: Dok. TROBOS Syafi


Tanaman hias air jenis Bucephalandra memiliki nilai ekonomi tinggi, serta menjadi primadona pecinta aquascape di Amerika dan Jepang
 
 
Industri ikan hias yang berkembang saat ini sejatinya tidak hanya berbicara tentang ikan hias saja, akan tetapi banyak komponen pendukung yang menjadi nilai ekonomi dari ikan itu sendiri. Salah satu komoditas pendukung yang cukup populer saat ini adalah tanaman air atau biasa dikenal aquatic plant. 
Meningkatnya hobi aquascape, terrarium, dan paludarium saat ini menjadikan salah satu faktor yang mengangkat pamor dari tanaman air itu sendiri. Selain itu, keberadaan influencer yang tertarik untuk menekuni hobi-hobi tersebut, ikut mendongrak popularitas dari tanaman air. Popoluritas tanaman air selain sebagai hiasan akuarium mampu dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan.
 
 
Mengapa Tanaman Air?
Pasalnya permintaan tanaman hias kini banyak diminati baik di dalam negeri hingga mancanegara, Tak heran jika Erwin Syahputra selaku pebisnis dan eksportir Borneo Aquatic turut mengembangkan bisnis tanaman hias endemik yang berasal dari wilayah Kalimantan. Salah satu tanaman hias andalannya yakni jenis Bucephalandra yang kini dikenal dunia dan memiliki nilai ekonomi tinggi, serta menjadi primadona pecinta aquascape di Amerika dan utamanya Jepang.
 
 
Erwin mengatakan, Bucephalandra dilihat dari segmen pasar dan nilai ekonominya memiliki peluang pasar yang tinggi. “Selain itu potensi bisnis Bucephalandra sejalan dengan pesatnya minat dunia aquascape,” ujar Erwin dalam rangkaian Webinar Series ke-5 Merah Putih Ikan Hias tahun 2021 sesi Aquatic Plant Talk belum lama ini.
 
 
Dijelaskan Erwin, para penyalur hobi aquascape berlomba-lomba berburu tanaman air yang unik untuk melengkapi koleksi mereka. Serta kontes tanaman air di tingkat internasional yang sedang hangat-hangatnya merupakan peluang bagi untuk memenuhi permintaan pasar tersebut. Budidaya aquatic plant memiliki risiko yang sangat kecil serta persaingan yang masih sedikit.
 
 
Tanaman endemik asal Kalimantan ini tumbuh di dataran tinggi, lanjut Erwin, di sungai-sungai kecil yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Keunggulan Bucephalandra ini memiliki varian bentuk daun dan warna yang sangat beraneka ragam dengan proses tumbuh yang lamban sehingga sangat diminati oleh aquascaper di seluruh dunia. 
 
 
 
Selengkapnya baca di majalah TROBOS Aqua Edisi 113/15 Oktober – 14 November 2021
 

 
Aqua Update + Hobi + Cetak Update +

Artikel Lain