Rainbow Si Mungil Penghasil Cuan

Rainbow Si Mungil Penghasil Cuan

Foto: By Boy
Haji Didi

Bekasi (TROBOSAQUA).Haji Didi merupakan penghobi ikan hias asal Bekasi-Jawa Barat yang sudah berpuluh-puluh tahun melakoni hobinya ini, hingga akhirnya bisa menghasilkan uang sampai sekarang. “Dari awal saya suka ikan hias, berawal dari hobi ini ya jadinya seperti sekarang ini,” ceritanya yang memulai usaha sejak 1986 lalu.

 

Berbeda dari kebanyakan penghobi atau pengusaha ikan hias lainnya, dalam pemberian pakan Haji Didi mengatakan bahwa hanya sekitar 30% menggunakan pakan pabrikan, dan selebihnya yakni 70% menggunakan pakan alami. “Iya, kalau saya selalu menggunakan pakan alami, ya cacing, ya jentik, ya kutu air. Kalau pakan pabrikan itu ya hanya tambahan, supaya asupan nutrisinya bisa dapat lebih,” ungkap Haji Didi kepada tim TROBOS Aqua pada (3/6) ketika berkunjung ke tempatnya.

 

Haji Didi juga menceritakan bahwa kediamannya, selain untuk menampung 700 akuarium, juga digunakan untuk menjadi tempat para calon pengusaha pengusaha ikan hias belajar. “Biasanya tempat saya ini ramai setiap hari, ada saja anak anak yang PKL ke tempat saya, bahkan ada dari papua juga sudah PKL ke tempat saya,” terangnya.

 

Ikan hias yang diunggulkan Haji Didi adalah ikan rainbow. Yang mana menurut haji Didi, ikan asli Papua ini sudah bisa dilakukan pendederan dan pembesaran di tempatnya.

 

Berbicara mengenai jual beli, Haji Didi sedikit memberikan informasi baru, yang ternyata dia hanya menjual rainbow berjenis kelamin laki-laki atau jantan. “Bukan gak mau jual, karena nggak ada yang mau beli kalau yang betina. Karena, yang ada warnanya itu ikan jantannya,” tambah Haji Didi.

 

Untuk wilayah penjualan, selain merambah kepada pembeli lokal, Haji Didi sudah melakukan ekspor ke beberapa negara seperti Vietnam. “Iya, sudah kita lakukan ekspor, tapi itu anak saya yang mengurus semua. Bahkan sempat pembelinya juga datang ke sini, ke rumah untuk melihat kondisi farm kota seperti apa,” tambahnya.

 

Mengenai harga, Haji Didi tidak pelit untuk berbagi. Menurutnya, harga sangat ditentukan dengan kualitas dan juga standar. Makanya, Haji Didi selalu memberikan kualitas terbaik bagi ikan-ikan hias peliharaannya, yaitu berkisar 3-4 ribu rupiah per ekornya. “Ada sih yang jual di harga 500 perak, tapi kan untuk kualitas bisa kita adu, pastilah ada harga ada juga rupa,” ungkapnya.

 

Selain rainbow, Haji Didi juga menjual ikan hias lainnya. Akan tetapi, untuk unggulannya adalah ikan hias rainbow ini. Menurutnya selin mudah dalam pemeliharaannya, jenis ikan satu ini tidak rewel dan cukup bandel dalam ketahanannya terhadap penyakit.boy/edt/dini

 
Aqua Update + Aqua Update + Cetak Update +

Artikel Lain