Bijak Kelola Plankton di Tambak

Pertanyaan :

 

Saya mempunyai tambak yang berlokasi didaerah Jawa Timur, selama ini yang sering menjadi kendala adalah pertumbuhan plankton di tambak terlalu cepat pekat, padahal baru berumur 2 minggu. Saya mengalami kesulitan untuk menjaga stabilitas plankton dalam kolam. Mohon bimbingan dan penjelasannya. Terimakasih.

 

Sugianto - Jawa Timur

 

Jawab :

Kalau saya menyimak apa yang dikeluhkan bapak, ada kemungkinan lahan bapak memang terlalu subur, atau sumber air yang digunakan oleh tambak bapak kandungan bahan organiknya cukup tinggi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan plankton didalam perairan, yaitu adanya nutrien atau unsur hara yang menunjang pertumbuhan plankton, sinar matahari, dan kandungan karbondioksida (CO2) didalam perairan tersebut. Ketiga faktor tersebut saling berkaitan dan jika ada kekurangan dari salah satu faktor maka pertumbuhan plankton akan mengalami gangguan.

 

Faktor yang pertama adalah nutrien. Kebutuhan plankton akan nutrien di dalam perairan cukup besar. Jika kandungan nutrien kurang di dalam perairan, plankton juga akan mengalami kesulitan untuk tumbuh normal, tetapi jika kandungan nutrien terlalu melimpah, juga tidak baik bagi pertumbuhan plankton, karena plankton akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.

 

Faktor yang kedua adalah sinar matahari. Plankton tidak akan tumbuh normal jika kurang mendapat sinar matahari, ditandai dengan adanya kecerahan air tambak yang tinggi, dan sulit menumbuhkan plankton. Sebaliknya, jika cuaca terlalu panas/terlalu banyak mendapatkan sinar matahari, pertumbuhan plankton juga semakin mudah merajalela, akibatnya petambak sulit mengendalikannya.

 

Faktor yang ketiga adalah kandungan CO2 di dalam perairan. Untuk memenuhi unsur karbon, plankton memanfaatkan senyawa CO2 yang terlarut di dalam perairan, yang dalam proses fotosintesis akan menghasilkan oksigen dan energi yang nantinya akan digunakan plankton untuk tumbuh. Jika CO2 di dalam perairan kurang, akan berpengaruh terhadap pertumbuhan plankton yang ada didalam perairan tersebut.

 

Berikut langkah yang bisa di lakukan untuk mengatasi kelimpahan plankton yang terlalu banyak dan pekat. 1. Melakukan cek TOM (Total Oganik Matter) sumber air yang diambil. Caranya, ambil sampel air dari sumber air yang digunakan, kirim sampel air tersebut ke laboratorium kualitas air terdekat. Jika nilai TOM nya lebih dari 60 ppm, disarankan air dimasukkan tandon terlebih dahulu beberapa hari untuk diendapkan kotorannya sebelum digunakan di dalam petak budidaya. Tanam rumput laut jenis Gracillaria di petak tandon sebanyak 500-1000 kg/ha, tergantung tingkat pencemaran di perairan tersebut, berfungsi sebagai filter biologis, dan bisa menyerap bahan organik yang terbawa oleh aliran air dari luar. Dengan menumbuhkan rumput laut di petak tandon, diharapkan nilai TOM nya bisa turun di bawah 40 ppm sebelum dimasukkan kedalam petak budidaya, sehingga plankton tidak mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.

 

Kedua yakni melakukan cek bahan organik tanah dasar. Caranya, cangkul tanah dasar tambak sedalam 15-20 cm, ambil sampel tanah dasar di kedalaman tersebut dibeberapa titik. Kirimkan sampel tanah tersebut ke Laboratorium kualitas air terdekat. Jika nilai bahan organik tanah tersebut lebih dari 10%, maka disarankan untuk melakukan cuci plankton pekat. Artinya, kita bisa menurunkan bahan organik tanah dasar dengan cara menumbuhkan plankton pekat di dalam petak sebelum dilakukan persiapan lebih lanjut.

 

Berikutnya masukkan air ke dalam petak setinggi 40-50 cm, tunggu beberapa hari sampai plankton tumbuh pekat. Jika plankton sudah kelihatan pekat, maka air didalam petak dibuang secara total dilakukan pada jam 1-2 dini hari. Kemudian lakukan cek ulang, apakah nilai Bahan Organiknya sudah turun dibawah 10%. Kalau masih di atas 10%, lakukan lagi seperti yang diatas sampai nilai Bahan Organik tanah di bawah 10%. Dengan melakukan penurunan nilai TOM air di tandon di bawah 40 ppm pada sumber air yang akan digunakan, dan nilai Bahan Organik tanah dasar di bawah 10%. Selamat mencoba.lTROBOS/Adv

 
Aqua Update + Konsultasi + Cetak Update +

Artikel Lain