Kapasitas Ikan dalam Kolam

Tanya :

Saya pembudidaya ikan lele di Bogor ingin menanyakan, bagaimana caranya kita bisa tahu apakah jumlah ikan dalam kolam masih bisa tumbuh atau sudah melebihi batas kepadatan?

Endang – Bogor

 

Jawab :

Jumlah total ikan yang dapat dipelihara dalam satu kolam ditentukan oleh 2 hal, pertama adalah ketersediaan oksigen dalam air dan kedua yakni ketersediaan makanan dalam kolam. Jika oksigen dalam air tidak mencukupi maka ikan akan sulit bernafas dan bisa berakibat fatal berupa kematian. Apabila makanan tidak cukup tersedia dalam kolam maka ikan tidak cukup mendapat asupan energi, akibatnya ikan menjadi lemas. Kebutuhan oksigen dan makanan akan semakin banyak seiring dengan bertumbuhnya ikan. Pada saat baru ditebar biasanya jumlah oksigen dan makanan yang tersedia masih cukup untuk menunjang kehidupan ikan. Semakin besar ikan maka kebutuhan oksigen dan makanan semakin tinggi, sehingga jika tidak ditambah maka ketersediaannya akan terbatas, untuk itu perlu diberi tambahan dari luar.

 

Cara paling mudah untuk menambah oksigen adalah dengan mengganti air kolam, air kolam yang lama dibuang 10-25% untuk mengeluarkan kotoran-kotaran dari dalam kolam, diganti oleh air baru yang masih segar. Makanan untuk ikan bisa ditambahkan ke dalam kolam dengan memberikan pupuk atau kita beri makanan tambahan berupa pelet ikan, demikian seterusnya sampai ikan menjadi besar dan siap untuk dipanen.

 

Adakalanya ikan belum siap dipanen tapi sudah tidak tumbuh lagi, ini menunjukkan bahwa kondisi kolam sudah tidak baik dan tidak dapat mendukung pertumbuhan ikan selanjutnya. Langkah yang harus diambil adalah mengurangi jumlah ikan dan dipindahkan ke kolam lain. Selamat mencoba.lTROBOS/adv

 

 
Aqua Update + Konsultasi + Cetak Update +

Artikel Lain