Senin, 15 Mei 2017

Budidaya Lele di Peralihan Musim

Tanya :

Sebagai seorang pemula dalam budidaya ikan lele, saya menemukan banyak kendala, apalagi pada saat musim pancaroba. Sudah 2 bulan terakhir ini di daerah saya terjadi pergantian musim hujan dan kemarau atau bediding. Saya amati nafsu makan dan pertumbuhan ikan lele yang saya pelihara lain dengan musim sebelumnya. Pertamanya saya rasa karena pengaruh pakan, tetapi setelah saya mencoba mengganti dengan pakan merek lain tidak berbeda. Bagaimana cara mengatasinya agar nafsu makan ikan bisa meningkat? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Ridwan – Parung

Jawab:

Memang benar, secara umum 1 - 2 bulan terakhir terjadi pancaroba atau pergantian musim, atau bediding kalau orang jawa bilang. Bediding ini ditandai dengan adanya suhu dingin dan angin kencang, dan sangat terasa pada saat malam hari.

 

Keadaan ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap respon ikan yang dibudidayakan. Seperti diketahui, ikan tumbuh secara optimal pada suhu dengan kisaran 28 - 30oC. Jika suhu air di atas atau di bawah ambang batas optimum, maka pertumbuhan ikan akan menurun, bahkan akan berhenti jika terlalu ekstrim.

 

Pada saat bediding, metabolisme ikan juga akan menurun, pada saat itu ikan membutuhkan energi yang lebih banyak untuk mengatasi hawa dingin. Otomatis pakan yang biasanya cukup untuk tumbuh menjadi kurang karena sebagian digunakan untuk melawan hawa dingin. Di lain pihak, suhu dingin ini juga menurunkan nafsu makan ikan, sehingga akibatnya ikan tidak punya cukup energi untuk tumbuh.

 

Beruntung ikan termasuk hewan poikiloterm, yaitu suhu tubuh menyesuaikan dengan suhu lingkungan, tetapi inipun bukan senjata yang ampuh pada saat suhu air lebih dingin dibanding rata-rata. Dari ilustrasi di atas terlihat hubungan yang jelas bahwa pada saat bediding, nafsu makan ikan turun sementara energi yang dibutuhkan relatif lebih besar sehingga pada akhirnya pertumbuhan akan terhambat dan masa budidaya menjadi lebih panjang dari biasanya. Lebih jauh lagi, akibat kurangnya energi yang masuk ke dalam tubuh ikan, otomatis daya tahan ikan akan menurun sehingga ikan rentan terhadap serangan penyakit.

 

Jadi analisa Anda tentang pengaruh pakan terhadap nafsu makan adalah kecil, memang benar demikian. Pada saat musim bediding, bukan pakan ikan yang menjadi masalah, tetapi lingkungannya. Oleh sebab itu perlu dilakukan langkah-langkah khusus untuk meningkatkan nafsu makan serta kekebalan ikan.

 

Salah satu alternatif yang bisa dicoba adalah penggunaan bawang putih yang dicampurkan di pakan. Bawang putih ini mengandung zat antibiotik alami sehingga aman digunakan dan tidak meninggalkan residu baik dalam tubuh maupun lingkungan. Biasanya bawang putih digunakan untuk mencegah penyakit bakterial yang sering muncul pada saat lingkungan air memburuk. Caranya haluskan 5 - 7 gr bawang putih dan campurkan dengan 1 kg pakan, angin-anginkan sebentar sebelum diberikan ke ikan. Dalam 1 hari cukup berikan 1 kali saja Pak.

 

Untuk meningkatkan nafsu makan ikan, bisa tambahkan ekstrak atau parutan jahe segar sebanyak 5 - 10 gr per kg pakan (digunakan pada pakan pagi hari). Kandungan jahe ini bisa menghangatkan suhu tubuh ikan sehingga bisa menambah nafsu makan ikan.

 

Cara ini pernah dicoba oleh salah satu pembudidaya di Malang (yang saat itu suhu air pada dini hari sangat rendah) dan memiliki reaksi yang positif untuk meningkatkan nafsu makan ikan lele. Jika musim bediding sudah usai, Anda bisa mengembalikan pola budidaya seperti sebelumnya. Semoga tulisan ini bisa membantu Anda.TROBOS/adv

 
Aqua Update + Konsultasi + Cetak Update +

Artikel Lain