Manfaat Terumbu Karang untuk Perikanan

Manfaat Terumbu Karang untuk Perikanan

Foto: sinarmas dan boy
Transplantasi terumbu karang dan mangrove


 

 


 

Jakarta (TROBOSAQUA). Terumbu karang memiliki manfaat bagi kegiatan perikanan, khususnya perikanan tangkap oleh nelayan. Maka, transplantasi karang turut membantu pengembangan dan pelestarian perikanan di sekitarnya. Hal ini diisyaratkan Hermansyah, Ketua Smiling Coral kepada TROBOS Aqua dalam kegiatan transplantasi karang dan penanaman mangrove di Pulau Pramuka-Jakarta, beberapa waktu lalu.  

 

Berbicara mengenai manfaatnya, transplantasi terumbu karang ini menurut Hermansyah tentu sangatlah berdampak, baik secara langsung maupun tidak langsung. “Dengan meningkatnya pemulihan ekosistem terumbu karang dan mangrove maka akan meningkatkan produktivitas perikanan itu sendiri secara otomatis,” urainya.

 

Untuk dampaknya ke kegiatan perikanan, transplantasi terumbu karang memiliki jangka waktu tersendiri. Hermansyah menuturkan, menurut pengamatan Smiling Coral, idealnya terumbu karang ini bisa bermanfaat secara ekologi di umur satu tahun. 

 

“Karena tingkat pertumbuhan jenis-jenis terumbu karang hampir 20-25 cm per tahun dan dia produktif baik itu secara ekologi. Secara fisik dan juga secara ekonomi masyarakat itu di tiga tahun. Tiga tahun itu terumbu karang baru bisa terlihat secara langsung memberikan manfaat,” lanjutnya.

 

Makanya ia menyimpulkan, manfaat transplantasi karang beserta penanaman mangrove merupakan salah satu bentuk dalam pemulihan ekosistem yang ada di Pulau Pramuka. “Kita tingkatkan kembali ekosistem terumbu karang dan hutan mangrove yang telah mengalami kerusakan dengan kegiatan transplantasi terumbu karang dan penanaman kembali mangrove,” jelasnya.boy/edt/dini






 

 
Aqua Update + Aqua Update + Cetak Update +

Artikel Lain