Panen Bandeng untuk Imlek 2024

Panen Bandeng untuk Imlek 2024

Foto: By Boy


Indramayu (TROBOSAQUA). Indramayu-Jawa Barat terkenal sebagai salah satu daerah penghasil panen ikan bandeng untuk sajian perayaan Imlek. Haji Darsam, salah satu pembudidaya ikan bandeng Imlek yang berasal dari Indramayu, tepatnya di Desa Cangkring, Kecamatan Cantigi.

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun kali ini pun Haji Darsam memulai panen pada pagi hari dan akan menyelesaikannya sebelum matahari terbit terlalu tinggi. Karena menurut Darsam supaya ikan bandeng yang dipanen pagi hari ini, bisa sampai di Muara Angke-Jakarta pada sore harinya.

 

Sekitar jam 4 pagi (5/2) lalu, sekitar 30 orang pekerja Haji Darsam langsung menyisir di sebagian kolam ikan bandeng, dengan menggiring ikan bandeng menggunakan jaring. Tidak lupa juga mereka mengenakan pengaman kepala seperti helm.

 

“Dulu pernah ada yang pingsan karena digebuk sama bandeng. Bahkan ada juga yang luka bagian bawah matanya gara-gara ketabrak ikan bandeng,” cerita Dasram kepada tim TROBOS Aqua sambil terus memantau para pekerjanya.

 

Bukan sekedar bandeng untuk Imlek, Darsam bercerita bahwa tambak bandeng miliknya panen dalam setahun itu 2 kali. Bandeng untuk konsumsi biasa dan konsumsi di Tahun Baru Imlek. “Bandeng untuk biasa itu ukurannya kecil-kecil sedangkan untuk Imlek itu, kisaran ukuran 1.5 kg - 3 kg” paparnya.

 

Berbicara mengenai panen tahun ini, Darsam berharap bisa mendapatkan panen yang lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Karena menurutnya, selain menggunakan pakan yang tentunya berkualitas, kolam ikan bandeng miliknya ditanami rumput laut sebagai pakan alami untuk ikan bandeng.

 

Apabila ditanya mengenai teknologi apa yang digunakan oleh Darsam untuk tambak miliknya, laki-laki paruh baya itu menjawab bahwa dia tidak menggunakan teknologi apapun. “Kalau saya ini kan kurang terlalu paham sebenarnya. Jadi saya sih cuman kasih pakan yang berkualitas (menyebutkan merek). Sama sekarang saya tambah tanam rumput laut supaya ada pakan alami, terus ya airnya aja itu saya ganti terus,” terangnya.boy/edt

 
Aqua Update + Headline Aquanews + Cetak Update +

Artikel Lain