Total Solusi Japfa Nutrition Lab

Total Solusi Japfa Nutrition Lab

Foto: Istimewa


STP siap memberikan solusi total layanan pengujian lab yang akurat dan terpercaya

 

Anak perusahaan JAPFA Tbk, PT Suri Tani Pemuka (STP) melalui fasilitas Japfa Nutrition Lab menawarkan solusi total di industri akuakultur untuk memberikan layanan pengujian bahan baku, pakan, dan bahan pendukung lainnya secara akurat dan terpercaya. Laboratorium yang berlokasi di Gresik-Jawa Timur ini telah memperoleh sertifikat akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017 yang menjadi standar jaminan manajemen mutu dan teknis serta diakui oleh Lembaga Standardisasi Internasional. Selama kurang lebih satu tahun, Japfa Nutrition Lab telah mempersiapkan sertifikasi serta perizinan lainnya.

 

Tujuannya, agar dapat beroperasi maksimal dalam memenuhi kebutuhan uji klinis di industri akuakultur di dalam dan luar negeri. Tak hanya itu, Japfa Nutrition Lab mampu meningkatkan konsistensi mutu data hasil pengujian dan kalibrasi. Selain itu, juga dapat bekerjasama intra laboratorium dan/atau antar instansi dalam tukar menukar informasi, pengalaman dan harmonisasi standar dan prosedurnya, serta menjadi dasarterhadap validitas data hasil pengujian dan kalibrasi dari dalam maupun luar negeri. Japfa Nutrition Lab beroperasi dengan mengumpulkan semua sampel dan dihimpun pada penerima sampel. Kemudian, sampel diberikan kode laboratorium dan dibagi berdasarkan jenis sampel.

 

Hal ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan data pelanggan dan menghindari ketidakberpihakan oleh para analis. Laporan hasil pengujian diverifikasi oleh supervisor dan manajer laboratorium sebelum dikirimkan kepada pelanggan oleh administrator laboratorium sebagai hasil analisis yang sah.  Komitmen Berikan yang Terbaik Di balik itu semua , terdapat rintangan yang harus dihadapi. Marlinda Frediksz, Head of Quality Control & Lab – Aquafeed PT Suri Tani Pemuka mengungkapkan, berbagai tantangan telah dihadapi untuk mencapai sertifikasi ISO/IEC 17025:2017. “ Salah satu nya , terdapat beberapa parameter atau tes yang akan dikembangkan sulit untuk diujibandingkan di laboratorium yang telah mendapatkan akreditasi.

 

Ia bersama timnya berkomitmen untuk selalu melakukan yang terbaik. “Sejalan dengan tekad dan semangat, kami berkomitmen untuk melakukan pengembangan guna memajukan laboratorium untuk semakin baik dalam hal parameter uji, fasilitas, dan peralatan maupun sumber daya manusia,” tegas Marlinda. Sebagai penutupan, Marlinda pun memiliki harapan tersendiri. Ia berharap Japfa Nutrition Lab dapat memenuhi kebutuhan dalam menyediakan layanan laboratorium pengujian untuk semua parameter dan matriks bahan uji yang dibutuhkan dalam mengembangkan kandungan nutrisi dari pakan ikan dan udang. TROBOS/Adv

 
Aqua Update + Advertorial Aqua + Cetak Update +

Artikel Lain