Populernya Udang Olahan Indonesia di Pasar Ekspor

Populernya Udang Olahan Indonesia di Pasar Ekspor

Foto: Istimewa


Surabaya (TROBOSAQUA). Sedari dulu, ucap Ketua Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), Budhi Wibowo, pengembangan produk olahan udang hanya sebatas value added tanpa ada rasa. Atau, bisa dikatakan hambar. Sekarang, pengembangannya itu mengarah ke produk olahan udang dengan berbagai rasa.

 

“Dua atau tiga tahun lalu perkembangan ini mulai terjadi. Istilahnya yaitu seasoning product. Jadi, udang tepung sekarang sudah ada yang versi coconut shrimp, kare dan sebagainya,” ceritanya perihal tren kekinian di dunia olahan udang.

 

Jadi, dia meneruskan, pihaknya (AP5I) saat ini fokus memperbanyak produk yang memiliki nilai tambah atau value added dan seasoning product. Terutama untuk produk-produk ready to cook.

 

Saat ini, beber Budhi-sapaan akrabnya, olahan udang ready to cook yang paling digemari dan tumbuh permintaannya adalah breaded shrimp atau udang lapis tepung roti. Tumbuh permintaan ini, baik di pasar lokal maupun dunia.

 

“Contohnya Di Amerika Serikat (AS), breaded shrimp Indonesia pada 2019 lalu menduduki posisi ke empat. Selanjutnya sejak 2020 hingga sekarang, Indonesia menduduki posisi pertama sebagai eksportir breaded shrimp di AS,” papar Budhi memberikan update terkini.

 

Untuk kedepannya, Budhi menerangkan target AP5I di pasar ekspor. “Selain membuat produk yang mudah dimasak di rumah, produk sebisa mungkin juga lebih murah namun tetap rasa yang tidak kalah dibanding restauran,” tutur Budhi pagi itu pada tim TROBOS Aqua melalui aplikasi Zoom beberapa waktu lalu.dian/edt

 
Aqua Update + Aqua Update + Cetak Update +

Artikel Lain