Mencontoh Tambak Tradisional Sulsel

Mencontoh Tambak Tradisional Sulsel

Foto: Istimewa


 

Makassar (TROBOSAQUA). Budidaya tambak di Sulawesi kurang lebih ada 120 ha ribu tambak dan ada sekitar 10 yang diolah secara tradisional. Dan kalau berbicara bagaimana hubungannya dengan Ekonomi Biru (Blue Economy), menurut Muhammad Ilyas, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), budidaya udanglah yang paling mendukung ekonomi biru.

 

“Kalau berbicara peluang potensi perkembangan perikanan budidaya, budidaya tambak memiliki 120 ribu ha, budidaya air laut 644 ribu ha, dan budidaya air tawar 100 ribu ha. Produksi komoditas unggulan, udang windu 28.519 ton/tahun, udang vannamei 23.530 ton/tahun, rumput laut cottoni 1.280.000 ton basah, bandeng 200 ribu ton/tahun,” papar Ilyas dalam seminar yang digelar oleh Bappenas RI pada (9/11) lalu.

 

Pada kesempatannya itu, Ilyas membawakan materi dengan tema ‘Peran Pemerintah Dalam Memacu Pengembangan Usaha Budidaya Tambak Tradisional Melalui Pendekatan Ekonomi Biru di Tingkat Lokal’. Dalam presentasi materinya, Ilyas juga menjelaskan beberapa jenis kegiatan usaha budidaya tambak tradisional. Dimana tambak tradisional Sulsel merupakan salah satu tambak yang bisa bertahan hingga saat ini.

 

“Diantaranya udang windu dengan teknologi sederhana, dan udang vannamei dengan teknologi intensif dan semi intensif. Juga  udang bandeng dengan teknologi polikultur semi intensif dan intensif dan rumput laut tali bentang dan tebar dasar (di tambak),” papar Ilyas. 

 

Menurutnya, data ini menunjukan bahwa Sulawesi Selatan ini memiliki modal, peluang dan sumber daya alam yang memenuhi. “Peluang non sumber daya alam sudah memiliki petambak yang kultur dari dulu, pasar yang cukup bagus, ekspor sudah cukup bagus dan fasilitas dari hulu ke hilir oleh pemerintah juga sudah cukup bagus,” ungkap Ilyas dalam seminar yang dilakukan di Hotel Four Season By Sheraton, Makassar dan juga bisa disaksikan live melalui platform Youtube dan juga Zoom.boy/edt

 
Aqua Update + Aqua Update + Cetak Update +

Artikel Lain