Harga Ikan Air Tawar Turun

Pada November 2022 berbagai laman merilis informasi mengenai harga ikan (per 9 November) dari beberapa lokasi di Indonesia. Harga yang diinfokan
 
mencakup komoditas ikan air tawar, payau, dan laut. Harga berbagai komoditas dipantau dari beberapa laman diantaranya infopangan.jakarta.go.id untuk memantau harga ikan di DKI Jakarta dan siskaperbapo.jatimprov.go.id untuk daerah provinsi Jawa Timur (Jatim). 
 
DKI Jakarta
Di ibukota, terpantau harga komoditas ikan air tawar mas dan lele; serta komoditas ikan air payau bandeng ukuran sedang. Harga rata-rata komoditas ikan air tawar, yaitu ikan mas pada November ini mencapai Rp 36.342 per kilogram (kg) di Jakarta. Harga ikan mas tertinggi terpantau di Pasar Pos Pengumben, Jakarta Barat (Jakbar) di kisaran Rp 45 ribu per kg. Sementara harga ikan mas terendah terpantau di Pasar Rumput, Jakarta Selatan (Jaksel) di kisaran Rp 30 ribu per kg. 
 
Di November ini (per 9 November), harga rata-rata ikan mas di Jakarta cenderung sedikit menurun dibandingkan sebulan sebelumnya (per 10 Oktober). Pada bulan sebelumnya,  harga ikan mas terpantau per 10 Oktober ini sekitar Rp 36.436 per kg. Harga tertinggi dan terendah ikan mas pada awal November ini tercatat berada di lokasi dan harga yang sama. Harga tertinggi ikan mas pada 10 Oktober ini terpantau di Pasar Pos Pengumben di kisaran Rp 45 ribu per kg. Sementara untuk harga terendahnya ditemukan di Pasar Rumput di kisaran Rp 30 ribu per kg. 
 
Komoditas air tawar lainnya yang terpantau di pasar DKI Jakarta adalah ikan lele. Per 9 November ini, harga rata-rata ikan lele di Jakarta berada di kisaran Rp 27.150 per kg. Harga lele tertinggi dan terendah pada awal Oktober lalu terpantau di lokasi dan harga yang sama. Yakni, harga lele tertinggi ditemukan di Pasar Pluit , Jakarta Utara (Jakut) di kisaran Rp 35 ribu per kg. Sedangkan harga lele terendah tercatat di Pasar Klender SS, Jakarta Timur (Jaktim)di kisaran Rp 24 ribu per kg. 
 
Harga lele di November ini rata-ratanya mengalami sedikit penurunan dibandingkan bulan sebelumnya (10 Oktober). Dimana harga lele rata-rata di DKI Jakarta tercatat di kisaran Rp 27.175 per kg. Harga lele tertinggi ditemukan di Pasar Pluit di kisaran Rp 35 ribu per kg. Sedangkan harga lele terendah tercatat di Pasar Klender SS di kisaran Rp 24 ribu per kg.
 
Untuk komoditas ikan bandeng ukuran sedang per 9 November di DKI Jakarta, harga rerataannya adalah Rp 40.500 per kg. Harga bandeng tertinggi terpantau di Pasar Sunter Podomoro, Jakut, yaitu berkisar Rp 50 ribu per kg. Untuk harga bandeng terendah terpantau di Pasar Mampang Prapatan, Jaksel di kisaran Rp 30 ribu per kg. 
 
Bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya (Oktober), harga rata-rata bandeng ukuran sedang di DKI Jakarta pada November ini mengalami sedikit penurunan. Dimana pada Oktober lalu (per 10 Oktober), harga rerata bandeng di ibukota berkisar di Rp 40.667 per kg. Harga bandeng tertinggi per 10 Oktober lalu terpantau di Pasar Mayestik, Jaksel di kisaran Rp 60 ribu per kg. Untuk harga bandeng terendah pada Oktober lalu terpantau di Pasar Rawa Badak, Jakut di kisaran Rp 30 ribu per kg. 
 
 
Selengkapnya Baca di Majalah TROBOS Livestock edisi 126/15 November - 14 Desember 2022
 

 
Aqua Update + Pasar Ikan + Cetak Update +

Artikel Lain