Ajak Sharing Semua Stakeholders Udang

Ajak Sharing Semua Stakeholders Udang

Foto: Dok. by Ning


Sumbawa(TROBOSAQUA).“Kalau bisa, acara sharing pengetahuan seperti ini jangan hanya dilakukan saat ini saja, tapi berkelanjutan minimal setahun dua kali,” ujar Joseph Susanto, General Manager PT Delta Marine Indonesia saat menghadiri seminar sehari yang digagas oleh PT Suri Tani Pemuka (STP) pada (9/11) di Sumbawa. Acara itu dihadiri sekitar 60-an peserta  dari berbagai wilayah di Sumbawa.

 

Seminar bertema ‘Total Solution for Sustainable Aquaculture untuk pelaku bisnis dan pembudidaya udang tersebut dimoderatori oleh Hadi Mulyono dan menghadirkan empat narasumber, yakni Suparat Taengchaiyaphum dari Aquatic Animal Health Research Team AQHI BIOTEC,; Albert G J Tacon, Founder & Owner Aquahana LLC; Itang Hidayat, Head of Aquaculture Technology & Development STP; dan Elena Facchini, Kona Bay Indonesia.

 

Suparat memaparkan Entercytozoon Hepatopenaei (EHP) dan dampaknya pada udang, Albert GJ Tacon banyak menyinggung soal generasi yang akan datang dari pakan SGH. Selanjutnya Itang Hidayat, memaparkan mengenai green innovation pada industri perudangan, sedangkan Elena Facchini, menjelaskan peran serta perusahaan genetik dalam peningkatan keberhasilan budidaya udang.

 

Diakui oleh Pardiono, Farm Manager Caridia Farm, materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber sangat membantunya untuk pengelolaan tambak. “Acara seperti ini sangat menarik dan saya banyak dapat pengetahuan baru seperti hal-hal baru mengenai pembenihan, cukup menambah pengetahuan baru. Mudah-mudahan ini bisa memperbaiki budidaya kita. Apalagi saat ini kan mulai banyak penyakit. Semoga dengan banyaknya penemuan baru ini bisa meningkatkan produksi, mengurangi penyakit dan menambah provit serta income untuk kita semua,” tukas Pardino.

 

Menurut Aidi Idris, Head of Unit STP Banyuwangi, dipilihnya Sumbawa sebagai lokasi seminar karena timing dan moment-nya tepat. “Kita harus ikut berkontribusi untuk mencari solusi-solusi dalam menghadapi atau membantu petambak untuk mencari solusi agar bisa meningkatkan produksi, atau paling tidak, petambak tidak sampai menurun hasil produksinya, “ ujar Aidi.

 

Kegiatan yang didukung oleh AJS, Agrinusa, Trobos Aqua, Hendrix genetic, SCI, PMI itu diawali dengan pemutaran video perjalanan bisnis grup Japfa dan STP di divisi budidaya yang hadir dengan teknologi berkelanjutan.Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan pembagian berbagai hadiah untuk para peserta seminar.ning/edt

 
Aqua Update + Aqua Update + Cetak Update +

Artikel Lain