Global Shrimp Forum 2023: Pembentukan Dewan Udang Global

Global Shrimp Forum 2023: Pembentukan Dewan Udang Global

Foto: Dok. Pribadi


Aquacultur Stewardship Council (ASC) kembali mengadakan acara pertemuan bersama dengan Global Shrimp Forum (GSF) di Utrecht-Belanda pada (6/9). Acara kali ini merupakan pembentukan Dewan Udang Global yang secara umum memperkenalkan dan meningkatkan konsumsi udang masyarakat di seluruh dunia.
 
Produsen udang utama negara seperti Ekuador, Meksiko, India, Vietnam, dan India juga turut hadir dalam pertemuan kali ini. Acara ini merupakan inisiatif para pemimpin industri, Gabriel Luna, pemilik dari Glunashrimp dan David Castro, CEO Manta Bay. Mereka mendatangi pengurus GSF, Chris Ninenes selaku Ketua Yayasan untuk memfasilitasi acara pertemuan ini.
 
Pada diskusi tersebut, terdapat kesepakatan mengenai perlunya membentuk sebuah badan global untuk dapat mempromosikan konsumsi udang di pasar internasional demi memberi manfaat dan kontribusi terhadap seluruh industri udang. Selain itu, organisasi tersebut juga harus didorong dan didukung oleh produsen. 
 
Para peserta juga menyetujui usulan agar Dewan Udang Global dapat dibentuk di dalam National Fisheries Institute (NFI) di Amerika. Gabriel dan David juga menjelaskan mengenai manfaat dan kondisi dari NFI yang menjadi tuan rumah dan mengelola Dewan Udang Global. “Dewan Udang Global merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk menyelaraskan kepentingan para peserta dalam industri penting ini melalui visi yang sistematik. Salah satu visinya yaitu untuk memperkenalkan kepada konsumen global manfaat mengkonsumsi sumber protein terbaik seperti udang dan akan diproduksi secara berkelanjutan. Saya sangat menantikan hasil diskusi ini dan dampaknya bagi industri ini,” ucap David Castro.
 
Forum tindak lanjut dari kegiatan ini akan diselenggarakan lagi bersama GSF sebelum akhir 2023 ini. Dengan tujuan pembentukan Dewan Udang Global pada 2024.asc  
 

 
Aqua Update + Prospek + Cetak Update +

Artikel Lain