Hadirkan Mesin Canggih untuk Pakan

Hadirkan Mesin Canggih untuk Pakan

Foto: 


Bühler Indonesia saat ini sudah bekerjasama dengan produsen pakan akuakultur di Indonesia dengan menyediakan mesin-mesin utama yang robust,  flexible, compactdesign, dan hemat energi
 
PT Bühler Indonesia (Bühler),perusahaan asal Switzerland yang sudah eksis selama160 tahun, mengadakan ‘Aquafeed Seminar’ (23/5) di Swissotel PIK Avenue, Jakarta. Puluhan peserta dari produsen pakan/pabrik pakan aquafeed (Ikan, Udang) antusias hadir di acara tersebut. Managing  Director  Bühler  Indonesia,  Philippe  De  Meyer,  dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas antusiasme peserta.  
 
Dengan acara ini, harapannya PT Bühler Indonesia  bersama  Bühler  Academic Asian Institute of Feeds Teknologi (AFT) dari Changzhou Bühler China, dapat membuka komunikasi dua arah yang lebih terbuka dengan pelaku industri aquafeed di Indonesia. Sehingga, melalui jaringan koneksi pelaku industri aquafeed di Indonesia, dapat terjadi alur informasi lebih terbuka dan saling mendukung dalam pengembangan industri aquafeed kedepannya.
 
“Tidak hanya itu, dengan acara ini kami harap para pelaku pakan mendapatkan banyak manfaat. Serta, kami juga dapat memperkenalkan lebih dalam mengenai solusi dan jasa yang diberikan Bühler kepada pelaku industri aquafeed di Indonesia,” ucapnya.
 
Seminar ini menghadirkan tiga pembicara yang andal di bidangnya. Dimana, para narasumber lebih dalam menjelaskan tren market industri perikanan dan inovasi  terbaru dengan  memanfaatkan teknologi extrusion, drying process technology, serta digitalisasi untuk pencapaian proses produksi  pakan yang lebih baik dan efisien,  serta  solusi  dari  Bühler  untuk    perikanan    Indonesia  agar  budidaya  perikanan  semakin  maju  dan  berkelanjutan.
 
Teknologi Terbaru
Lebih lanjut, Department Manager Research and DevelopmentBühler China, Zhuang  Di  mengatakan, dalam produksi pelet, penting untuk memastikan formulasi ideal untuk diet lengkap. Ia juga menjelaskan perlunya memperhatikan proses pembuatan pakan  dari  proses  penerimaan  bahan  baku, cleaning, mixing, grinding  proses,  extrusion  dan  drying  sehingga  produk  pelet  yang berkualitas  dapat di terima oleh konsumen peternakan ikan/udang di Indonesia. 
 
Maka  dari  itu,  paparnya,  fokus  di  sini  adalah  bagaimana  menjalankan flow proses produksi menggunakan  system twin screw extruder dapat memberikan berbagai  produk  ikan  jenis  pakan  apung  /  floating  maupun pakan tenggelam / sinking fish feed dengan pendekatan pada density control.  Masih dijelaskan Zhuang, “Langkah-langkah pemrosesan pre treatment dan past treatment juga berkontribusi pada performa keseluruhan,” ucapnya.
 
Dilanjutkan Zhuang, proses ekstrusion pada dasarnya adalah proses pemasakan dimana komponen bahan baku yang mengandung fat, protein, carbohydrate, fiber dapat dibentuk menjadi satu kesatuan kualitas produk yang baik.Selanjutnya, Senior Team Manager PM Bühler China,Cui Bin mengatakan,proses drying harus mengoptimalkan efisiensi dryer  dengan mempertahankan hasil produk yang stabil dan merata. 
 
Parameter seperti  temperature, moisture dan time menjadi acuan dasar di drying sistem. “Teknologi dryer yang optimal harus dapat memberikan suhu  udara  seragam  serta  distribusi  panas  yang  merata  setiap  produk,  sehingga  seluruh  produk  menghasilkan  kualitas  produk yang sangat konsisten dan sesuai target kadar air yang diinginkan ,” jabarnya.  
 
Dikatakan Cui Bin,tujuan utama teknologi dry ini adalah meningkatkan umur simpan produk,serta membawa perubahan kimia yang diinginkan. Selain itu, dapat memberikan manfaat  untuk  mengurangi  biaya  pembuangan  limbah  dan biaya pengiriman
 
Solusi Terbaik untuk Aquafeed
Disisi  lain,  Head  of  Bühler  Academic-Asian  Institute  of  Feeds Technology (AFT) Bühler China, Roger Liang menjelaskan  kontrol bulk density (BD) pada aquafeed. Secara umum kontrol BD mengelola kombinasi ‘driving force dan resisting force’.  Saat ini semakin banyak  perangkat  yang  disediakan  untuk  segera  mengubah driving force dan resisting force seperti modul  Degasser, PPS (Positive Pressure System) dan lainnya.
 
“Spesies  akuatik  berbeda  dan  perilaku  makan  berbeda  harus dipelajari untuk merancang nilai Feed Products BD yang tepat.  Perlu  juga  memperhatikan  proses  pelapisan  (coating) karena proses ini pun membuat nilai BD berubah. Serta  kontrol BD dalam ekstrusi (kelembapan adonan yang berbeda di ekstruder menyebabkan variasi BD). Maka dari itu, optimalkan cara yang tepat untuk mengontrol BD dalam proses ekstrusi multi dimensi agar hasilnya optimal,” ucapnya.
 
Roger menambahkan terkait Overall Equipment  Efectiveness (OEE) pada produksi pakan dan performance setiap pabrik pakan. OEE merupakan standar internasional juga suatu tolak ukur untuk menunjukkan kerugian yang berdampak pada  efektivitas dalam setiap proses produksi. OEE meliputi  ketersediaan mengukur berapa baik waktu digunakan di pabrik, performa (ekstruder; kapasitas, kecepatan), serta kualitas  hasil. 
 
“Beberapa  target  terkait  OEE  sering  dimasukkan  dalam  perjanjian  kinerja,”  ungkap Roger. Disambung Sales Manager Feed Bühler Indonesia, Jimmy De Mey, PT Bühler Indonesia saat ini sudah bekerjasama dengan produsen pakan akuakultur di Indonesia dengan menyediakan mesin-mesin utama yang robust, flexible, compact design dan hemat energi untuk range productaquafeed; seperti pulverizer, fine grinding hammermill, mixer, extruder dan dryer, cooler, siter.
 
Kapabilitas, performance, fungsi mesin untuk memaksimalkan nilai investasi Capex dan OEE mesin-mesin Bühler menjadi  pilihan utama dari pelaku industri pakan.  Pengunaan mesin yang tepat dan benar memberikan dampak pada  biaya operasional, biaya maintenance sehingga output dari efisiensi mesin-mesin tersebut, dapat  menekan  biaya  konsumsi  electrical, waktu , frekuensi downtime, dan  produk  yang  dihasilkan lebih bervariatif dan flexible tergantung permintaan pasar  ” jabar Jimmy. 
 
Produk Bühler dan Keunggulannya
Dijabarkan Jimmy, keunggulannya masing-masing produk diantaranya grinding machine; fleksibilitas tinggi dalam produksi, proses  grinding  yang  efisien  dengan  kualitas  tinggi,  desain  mesin yang memudahkan perawatan dan menurunkan waktu down-time mesin tanpa mengorbankan keamanan bagi operator dalam penggunaan mesin.
 
Range grinding machine dari Bühler : Vertica™ (AHZK), Granulex® 5 (DFZX), Granulex® 3 (AHZC), Pulverex™ 5 (AHBX), Pulverex™ 3 (AHFL).Jimmy  melanjutkan  untuk keunggulan extruder; sistem automasi yang user friendly untuk produksi yang aman dan efisien, desain yang memungkinkan customer memilih  desain/konfigurasi  mesin  yang  paling  sesuai  untuk  produk  yang   dihasilkan.
 
Range extruder dari Bühler : Single Screw Extruder dan Twin Screw Extruder. Serta desain dryer yang  mengoptimalkan efisiensi  dryer  dengan  mempertahankan  hasil  pengeringan  produk  yang  stabil  dan  merata.  Dengan  mengoptimalkan   penggunaan  udara pre-heat make-up (bergantung pada desain dan  durasi  proses  pengeringan  customer). Customer  dapat  menghemat energi dengan menggunakan gas atau steam range dryer Bühler: SmartRoast, SmartFeed, SmartPet, SmartMicro.
 
Tidak hanya mesin–mesin dengan teknologi canggih yang dihadirkan. Bühler juga memberikan layanan untuk customer seperti informasi terkini dan teknologi terbaik dalam industri aquafeed.  Ketersediaan local  support  team Bühler Indonesia seperti team sales, engineering, sparepart, dan workshop sertateam  customer  service  yang  selalu  dekat  dengan  pelanggandan  Bühler  juga  selalu  memastikan  fungsi  dan  perawatan  berkelanjutan dari sistem proses produksi dari line mesin yang terpasang, kesempatan untuk belajar lebih mendalam mengenai teknologi aquafeed berdasarkan standar global, serta berbagi pengalaman dengan praktisi industri  dunia  melalui  AFT  dan  SFT ( Swiss Institute of Feed Technology ).
 
“Dengan ini harapannya PT Bühler Indonesia dapat ber-partisipasi dan berkolaborasi untuk pengembangan bersama industri pakan aquafeed di Indonesia. Dan besar harapan kami bisa memberikan kontribusi untuk meningkatkan kebutuhan permintaan pasar pakan melalui proses mesin dan teknologi yang tepat,” tutup Jimmy. TROBOS/Adv
 
 
 

 
Aqua Update + Advertorial Aqua + Cetak Update +

Artikel Lain