Kamis, 15 Desember 2022

Pengobatan Herbal pada Ikan

Pertanyaan

            Saya baru belajar budidaya ikan lele dan nila di kolam terpal. Saya dengar dari kawan-kawan pembudidaya ikan, selain obat-obatan, mereka juga menggunakan herbal. Dan salah satunya adalah kunyit untuk membantu mencegah dan mengatasi beberapa penyakit. Saya pun tertarik untuk mencoba penggunaan kunyit tersebut karena katanya lebih ramah lingkungan. Tetapi saya belum tahu tentang jenis, kegunaan, dosis, dan cara aplikasinya, mohon masukannya.  Terimakasih.

                                                                                                Irfan – Banyuwangi

Jawab:

 

Bapak Irfan di Banyuwangi,

Memang betul, dengan kekayaan alam Indonesia kita dapat memanfaatkan banyak jenis herbal. Lalu, dengan dosis dan cara aplikasi yang tepat, herbal dapatdigunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit tingkat serangan terbatas. 

 Diasumsikan herbal lebih ramah lingkungan, murah, dan aman dari obat-obatan atau bahan kimia. Namun, tetap harus diingat pula bahwa penggunaan herbal bukan berarti tanpa efek samping. Selain itu,  aplikasi herbal yang tidak tepat dapat menyebabkan risiko overdosis atau kurang dari dosis yang dibutuhkan sehingga dapat menimbulkan risiko yang lebih merugikan.

Banyak jenis herbal yang mengandung bahan aktif yang dapat berfungsi banyak. Yakni sebagai antibiotik, antiseptik, antiparasit, anti stres, anti oksidan dan juga sebagai imunostimulan yangsalah satunya adalah kunyit (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.). 

Herbal ini memiliki banyak manfaat dalam budidaya ikan. Selain untuk menjaga kesehatan pencernaan ikan,kunyit juga dapat meningkatkan kandungan protein tubuh ikan, meningkatkan kekebalan, mencegah/menghambat dan mengobati penyakit ikan,serta dapat meningkatkan penetasan telur ikan.

 

Informasi dari berbagai sumber ilmiah untuk aplikasi kunyit dalam budidaya beberapa jenis ikan adalah sebagai berikut :

 

Nila(Oreochromis sp.)

  1. Benih: Campuran bubuk kunyit 3-6 gr/kg pakan dapat meningkatkan kelangsungan hidup benih ikan, tetapi jangan melebihi dosis tersebut karena dapat menyebabkan turunnya kelangsungan hidup ikan.
  2. Telur: perendaman telur dengan dosis bubuk kunyit sebanyak 4 - 4,5 mg/liter selama 35 menit dapat meningkatkan daya tetas telur ikan nila, tetapi bila lebih dari dosis tersebut dapat menurunkan daya tetas.

Mas(Cyprinus sp.)

  1. Benih:
    • Untuk penyakitAeromonas hydrophila - perendaman dengan dosis 100 ppm selama 90 menit.
    • Untuk serangan cacing parasit Dactylogyrussp. – perendaman dengan dosis10 -15 mg/liter selama 24 jam
  2. Pertumbuhan: Pemberian tepung kunyit dosis 2% pada pakan dapat meningkatkan enzim pencernaan dan kinerja pertumbuhan ikan mas.

Lele (Clarias sp.)

  1. Benih: Bubuk kunyit yang dicampurkan pada pakan dengan dosis 5 -7,5 g/kg pakandapatmencegah kerusakan hati akibat ammonia yang tinggi di air budidaya.
  2. Telur: Perendaman telur lele dengan konsentrasiekstrak kunyit 10-15 ml/L dapat meningkatkan daya tetas telur.

Patin(Pangasius sp.)

  1. Serangan penyakit Aeromonas hydrophila: dapat diobati dengan bubuk kunyit dicampurkan pada pakan dengan dosis 0,7 g/kg pakan selama 30 hari.

 

Demikian informasi dari kami selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

 
Aqua Update + Konsultasi Ternak + Cetak Update +

Artikel Lain