Senin, 14 Nopember 2022

Mengintip Tambak Udang Intensif di Sukamara - Kalteng

Mengintip Tambak Udang Intensif di Sukamara - Kalteng

Foto: ist/dok.mmc-pemprovkaltim


Jakarta (TROBOSAQUA). Investasi usaha budidaya udang di Indonesia terus tumbuh yang terbaru di Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah. Mulai pertengahan tahun 2022, pemerintah Provinsi Kalteng mulai menjalankan proyek pengembangan Shrimp Estate atau tambak udang intensif.

 

Dijelaskan Bupati Sukamara Windu Subagio, saat ini tengah dilakukan pembukaan dan pembenahan lahan untuk pengembangan tambak udang intensif (Shrimp Estate) seluas 40 hektar, di desa Sungai Raja Kecamatan Jelai kabupaten Sukamara.

 

“Sebagian lahan dari tambak mangkrak bekas budidaya windu, sebagian lagi pembukaan lahan tambak baru,” saat ditemui pada acara seminar perudangan Kemenkomarver di Jakarta belum lama ini.

 

Menurut Windu, anggaran dari pemerintah provinsi yang disiapkan sekitar Rp 85 miliar. Rencana tambak akan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Sukamara melalu Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD). Targetnya tahun 2023 tambak yang dibenahi sudah bisa beroperasi. Target produksi antara 20 sampai 30 ton per hektar.

 

“Kita coba kembangkan udang melihat potensi garis pantai di kabupaten Sukamara yang cukup panjang dan udang merupakan usaha budidaya udang yang sangat berpotensi dari sisi keuntungan, meski perlu permodalan yang cukup besar pula,” kata Windu.

 

Kabupaten Sukamara adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Ibu kotanya adalah kecamatan Sukamara Kota. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.827 km². Kabupaten ini sebelumnya merupakan bagian dari kabupaten Kotawaringin Barat, pada tahun 2003 dimekarkan jadi kabupaten sendiri.ue/meilaka

 

 
Aqua Update + Headline Aquanews + Cetak Update +

Artikel Lain