Rabu, 26 Oktober 2022

Tunggu Aksi National Shrimp Action Forum

Tunggu Aksi National Shrimp Action Forum

Foto: Dok. TROBOS Dini


Jakarta(TROBOSAQUA). Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) mengadakan acara National Shrimp Action Forum dengan tema “Revitalisasi, Akselerasi, Investasi dan Sinergi untuk Kebangkitan Industri Udang Nasional” di Jakarta (26/10).
 
Menkomarves, Luhut Binsar Pandjaitan salam sambutannya menyampaikan, pemerintah terus mendorong produksi Udang, sebesar 2 juta ton pada akhir 2024. Dia mengatakan, seiring target produksi udang dalam negeri, pemerintah juga berharap Indonesia masuk pada peringkat lima eksportir perikanan dunia.
 
Terkait itu, Luhut mengungkap, pencapaian itu perlu dibarengi dengan dukungan kebijakan dari pemerintah. Diantaranya dengan menyederhanakan persyaratan perizinan usaha untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Lalu, Luhut mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga untuk menyepakati penyederhanaan jumlah perizinan usaha melalui OSS sebagai amanat UU Cipta Kerja Nomor 11 tahun 2020.
 
"Diharapkan penyederhanaan izin yang dituangkan dalam buku pedoman yang telah disepakati ini, menjadi rujukan di lapangan bagi segenap pemangku kepentingan dari sisi pemerintah pusat dan daerah, aparat penegak hukum (APH), dunia usaha dan institusi pembangunan lainnya terkait usaha tambak udang," ungkap Luhut.
 
Selanjutnya acara ini dibagi ke dalam tiga sesi dengan menghadirkan berbagai narasumber. Sesi pertama mengambil tema tentang Strategi Memacu Investasi, Produksi, dan Daya Saing Ekspor perikanan. Narasumber yang dihadirkan adalah Ketua Umum Masyarakat Akuakultur Indonesia; Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya dan Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan; serta Bidang Pelayanan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM dengan Moderator Hasanuddin Atjo, Pakar Udang Nasional.
 
Sesi Kedua bertemakan Dukungan Infrastruktur dan Tatakelola yang Kondusif dan Efektif. Narasumber yang dihadirkam yaitu Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR; Kabareskrim Polri; Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP; dan Direksi Bank Rakyat Indonesia dengan moderator M Rahmat Mulianda (Asisten Deputi Pengembangan Perikanan Budidaya, Kemenkomarves.
 
Sesi ketiga mengangkat tema tentang Aksi Daerah dan Dunia Usaha untuk Memacu Industri Udang. Narasumber yang menjadi pembicara adalah Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri; Kepala Dinas Kelautan dan Perikana  Jawa Timur; Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan; serta Ketua Shrimp Club Indonesia.ed/dini
 

 
Aqua Update + Headline Aquanews + Cetak Update +

Artikel Lain