Selasa, 6 September 2022

Kerjasama dengan Swasta, Vaksin Ikan Air Tawar Hasil Riset Diproduksi Massal

Kerjasama dengan Swasta, Vaksin Ikan Air Tawar Hasil Riset Diproduksi Massal

Foto: ist/dok.KKP


Bogor, (TROBOSAQUA.COM). Vaksin untuk ikan air tawar hasil riset panjang Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP) -  Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) telah diproduksi secara massal dengan brand CapriVac Hydrogalaksi.

 

Peluncuran perdana vaksin yang selanjutnya diproduksi massal oleh PT Caprifarmindo Laboratories ini dilakukan pada gelar Product Innovation and Extension of Fisheries and Aquaculture (RIFAFest) di Bogor (2-3/9) lalu.

 

Acara ini dihadiri Sekretaris Jenderal KKP - Antam Novambar, Walikota Bogor - Bima Arya Sugiarto, Presiden Direktur PT Caprifarmindo Laboratories - Ryadi Sariputera dan Direktur Fasilitasi Riset LPDP Kementerian Keuangan - Wisnu S Soenarso.

 

Kepala BRSDMKP, I Nyoman Radiarta, menuturkan vaksin ini memiliki keunggulan dalam pembentukan antibodi. Diformulasi dalam bentuk larutan, maka aplikasinya pun cukup fleksibel. Dapat disuntikkan/injeksi, perlakuan perendaman, maupun melalui pakan. CapriVac Hydrogalaksi merupakan vaksin inaktif yang mengandung strain bakteri Aeromonas hydrophila AHL0905-2 dan Streptococcus agalactiae N14G isolat lokal.

 

Vaksin ini dia yakini mampu memproteksi ikan nila, yang rentan terserang dua penyakit yang timbul bersamaan (ko-infeksi), yaitu motile aeromonas septicemia (MAS) dan Streptococcosis, dengan nilai angka kesakitan (insidensi) sebesar 60%.

 

Uji efikasi telah dilakukan, terbukti vaksin CapriVac Hydrogalaksi mampu menginduksi respon kebal spesifik (antibodi) pada nila dan meningkatkan kelangsungan hidup ikan lebih dari 10%. Sehingga berdasarkan hitungan kasar diperoleh potensi peningkatan produksi ikan nila sebesar 10% x 1,2 juta ton  (produksi nila nasional) = 120.000 ton. Angka itu setara Rp 3 triliun per tahun (jika asumsi harga ikan nila Rp 25.000/kg).

 

Pengembangan vaksin kombinasi ini didasari dengan asumsi bahwa vaksin dapat memberikan perlindungan lebih baik dibandingkan hanya diberikan vaksin tunggalnya (vaksin A. hydrophila saja atau vaksin S. agalactiae saja).

 

CapriVac Hydrogalaksi telah diregistrasi oleh KKP dengan nomor D 2206618 BKC (2022-2027) sebagai persyaratan teknis bahwa produk vaksin tersebut layak digunakan oleh masyarakat. Kehadiran vaksin ini juga mendukung  Gerakan Vaksinasi Ikan (Gervikan) yang digaungkan pemerintah.ist/ed/ntr

 

 
Aqua Update + Headline Aquanews + Cetak Update +

Artikel Lain