Minggu, 31 Juli 2022

Kontes Ikan Oscar Pertama di Indonesia

Kontes Ikan Oscar Pertama di Indonesia

Foto: Dok. Meilaka


Depok (TROBOSAQUA.COM). Oscar Mania Fish Election Champion (OFEC) 2022 digelar pada 31 Juli 2002 di Balai Ikan Hias Depok Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Acara ini terselenggara berkat kerjasama  Oscar Mania Indonesia (OMI) dan VDS Jerman dengan Balai Ikan Hias Depok Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan KKP, yang diikuti 53 ikan peserta kontes dari seluruh Indonesia, memperebutkan total hadiah Rp 83 juta.
 
Dijelaskan Presiden OMI, Alexandrew Edeij OFEC merupakan festival seni dan budaya ikan hias oscar. Kejuaraan OFEC berlangsung setiap tahun dengan 12 peserta utamanya adalah Pemenang dalam OSCAR OF THE MONTH (OOTM) Oscar Mania Indonesia, setiap bulannya. Sisa peserta yang hadir, terbuka untuk umum dan gratis biaya pendaftaran. 
 
Lebih lanjut ia menjelaskan, OFEC adalah pentas penutup tahunan dari program satu tahun penuh, yang salah satunya turut mendukung kampanye yang berjalan. Tagar #OscarManiaLocalPride adalah hashtag yang sudah dibagikan hampir 8,500 kali serta di kampanyekan di 8 negara di dunia. Kampanye ini adalah sikap dan filosofi komunitas kami dalam menerapkan impact secara sosial dalam,pemberian pakan sehat kepada ikan hias, nutrisi dan gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh. “Melalui kampanye ini kemi menolak keras terkait semua penggunaan aditif zat kimiawi pewarna yang di praktikan pada ikan hias demi tujuan komersil,” ungkap Alex. 
 
Pada 2021 Oscar Mania Club, mendirikan dan membentuk Oscarpedia dibawah Oscar Mania Indonesia (OMI), basis edukasi dalam platform digital yang bebas dibagikan untuk masyarakat umum. Kini Oscar Mania Club, telah memiliki anggota virtual aktif sebanyak 478,380 orang dan sebanyak 438 anggota resmi yang memiliki kartu keanggotaan (VIP). Jumlah ini masih ditambah dengan basis anggota dari Oscar Mania luar negeri seperti negara India, Srilanka, Malaysia, Portugal, Belanda, Jerman, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat.
 
Dalam sambutannya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, I Nyoman Radiarta mengatakan, KKP akan mendukung kegiatan kontes ikan hias baik yang diselenggarakan secara nasional maupun internasional. Dengan adanya kolaborasi antara KKP dengan Pihak OMI diharapkan dapat ikut mempromosikan seni, budaya, dan produk ikan hias indonesia yang unik dan beragam secara Internasional.
 
Selain itu, tambahnya, dapat memperluas jaringan pecinta budidaya ikan hias baik Domestic maupun International, melalui program pelatihan dan kerjasama (triple helix). Termasuk meningkatkan popularitas ikan hias yang berdampak terhadap peluang usaha dan perluas pasar, Juga mengatur dan membuat regulasi kebijakan terkait dengan ikan hias. “Tak kalah pentingnya meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM yang memiliki kompetensi di bidang ikan hias,” kata Nyoman.
meilaka
 

 
Aqua Update + Headline Aquanews + Cetak Update +

Artikel Lain