Jumat, 15 Juli 2022

Bantu Nelayan melalui TPI Terintegrasi

Bantu Nelayan melalui TPI Terintegrasi

Foto: Dok. TROBOS Dini


Melayani kebutuhan nelayan mulai dari kegiatan penurunan ikan hingga dokumen kependudukan
 
Beberapa waktu lalu TROBOS Aqua berbincang dengan Harun, seorang nelayan KelurahanTungkaran Pangeran, Kabupaten Tanah Bumbu-Kalimantan Selatan (Kalsel). Dia sempat menyinggung tentang kebutuhan nelayan terhadap Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP). “Apalagi kalau ada razia kapal perikanan, nelayan bisa terhambat dalam operasional penangkapan ikan kalau tidak lengkap surat izinnya,” terang Harun.
 
Untuk mempermudah kegiatan nelayan, seperti dalam pendaftaran kapal nelayan, baru-baru ini Kabupaten Tanah Bumbu meluncurkan program tempat pelelangan ikan terpadu dan terintegrasi atau "Tepi Pantai”. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, Yulian Herawati menjelaskan, Tepi Pantai adalah suatu fasilitas yang berfungsi dan dirancang untuk mempermudah nelayan atau pembudidaya ikan untuk memasarkan hasil tangkapannya. 
 
Ia menyebut, dengan diluncurkannya program tersebut, pelabuhan perikanan tidak hanya menjadi tempat pendaratan ikan, tapi juga akan terintegrasi dengan layanan lainnya, seperti; loket pendaftaran kapal nelayan untuk pembuatan TDKP; Kartu KUSUKA, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, juga pembuatan dokumen Kependudukan. Tempat Pelelangan Ikan Terpadu dan Terintegrasi ini tersedia di TPI Batulicin, TPI Setarap Kecamatan Satui, dan TPI Mudalang di Kecamatan Kusan Hilir yang masih dalam proses pembangunan.
 
 
Selengkapnya Baca di Majalah TROBOS Aqua edisi 122/15 Juli - 14 Agustus 2022
 

 
Aqua Update + Gelombang + Cetak Update +

Artikel Lain