Jumat, 15 Juli 2022

Tekuni Bisnis Gurita, Raih Omset Puluhan Juta

Tekuni Bisnis Gurita, Raih Omset Puluhan Juta

Foto: Dok. TROBOS Laras Lombok


Memanfaatkan potensi alam untuk gurita kualitas ekspor
 
Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, pada 2016 Indonesia masuk ke dalam jajaran Top Ten sebagai eksportir gurita terbesar di dunia, yaitu menempati peringkat delapan. Permintaan ekspor gurita dari beberapa negara di dunia sangat tinggi, terutama di wilayah Amerika Serikat dan Jepang. 
 
Oleh sebab itu, saat ini gurita Indonesia menjadi komoditas ekspor primadona. Dikarenakan dari segi keunggulan, produk gurita hasil tangkapan nelayan Indonesia memiliki kualitas yang mumpuni. Muhammad Marzuki, pebisnis ekspor gurita CV Alula Dua Satu di Mataram, Lombok-Nusa Tenggara Barat (NTB) mengatakan, sumber produk gurita yang ia kirim ke eksportir diambil dari banyak nelayan yang ada di daerah Lombok, Sumbawa, hingga Nusa Tenggara Timur (NTT). 
 
“Kami mengambil gurita hasil tangkapan nelayan di banyak tempat, meliputi seluruh kabupaten yang ada di Lombok, Sumbawa, hingga ada juga beberapa daerah yang ada di NTT. Kami kirim dalam keadaan yang masih segar untuk menjaga kualitasnya,” tuturnya yang menggeluti bisnis gurita sejak 2018 lalu. 
Dia menambahkan, Saat ini harga gurita yang dijual ke ekportir mencapai Rp 92 ribu per kilogram (kg). “Tergantung ukuran atau size gurita yang dikirim. Namun tidak bisa dipungkiri, harga gurita terus mengalami kenaikan seiring tingginya permintaan,” tambahnya. Hingga kini omset penjualan gurita yang diraup oleh CV Alula Dua Satu mencapai Rp 40 juta dalam satu bulan, bahkan bisa lebih dari angka tersebut dikarenakan permintaan terus meningkat.
 
Adakah Tantangan yang Dihadapi?
Saat inipun, dia melihat gurita menjadi satu sumber daya kelautan yang cukup diperhitungkan secara ekonomi. Dimana, saat ini perkembangan bisnis gurita yang ia jalani terus mengalami peningkatan. 
 
 
Selengkapnya Baca di Majalah TROBOS Aqua edisi 122/15 Juli - 14 Agustus 2022

 
Aqua Update + Gelombang + Cetak Update +

Artikel Lain