Jumat, 8 Juli 2022

Luncurkan Program Tepi Pantai untuk TPI Terintegrasi

Luncurkan Program Tepi Pantai untuk TPI Terintegrasi

Foto: 


Tanah Bumbu (TROBOSAQUA.COM). Kabupaten Tanah Bumbu-Kalimantan Selatan, meluncurkan program tem Tempat Pelelangan Ikan Terpadu dan Terintegrasi atau disebut ‘Tepi Pantai’ pada (27/6) lalu di Batulicin, Tanah Bumbu. Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati mengatakan, program ini diluncurkan dalam rangka proyek perubahan Dinas Perikanan dalam Diklatpim II Angkatan V di Pusdiklat LAN Makassar. Menurut Yulian, dengan diluncurkannya program tersebut pelabuhan perikanan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu tidak hanya menjadi tempat pendaratan ikan, tapi mampu memberikan pelayanan lainnya seperti loket pendaftaran kapal nelayan.


Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli menghadiri peluncuran di kantor Dinas Perikanan Tanah Bumbu. Dia menyampaikan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran, melalui proyek perubahannya. "Dalam rangka mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat, pemerintah daerah sangat menyadari pentingnya peningkatkan kualitas birokrasi yang responsif, terutama melalui optimalisasi aparatur dengan berbagai inovasi, dan satunya melalui proyek perubahan itu," kata Rusli.


Ia berharap ‘Tepi Pantai,’ tidak berakhir di Diklatpim II, akan tetapi diteruskan dan dikembangkan, dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi daerah. “Disamping itu pula, ‘Tepi Pantai’ juga diharapkan mampu meningkatkan Penerimaan Asli Daerah (PAD) dari sektor perikanan. Oleh karenanya, saya mendukung dan mengapresiasi proyek perubahan Tempat Pelelangan Ikan Terpadu dan Terintegrasi atau ‘Tepi Pantai’ ini,” sebut Rusli.


Program ‘Tepi Pantai’
Program Tepi Pantai adalah suatu fasilitas yang berfungsi dan dirancang untuk mempermudah nelayan atau pembudidaya ikan untuk memasarkan hasil tangkapannya. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan Nelayan dan pelaku usaha di sekitar tempat pelelangan ikan.


Diharapkan, pelayanan seperti ini akan memberikan kemudahan pelayanan para nelayan dan budidaya ikan di kawasan sekitar pelabuhan perikanan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan dan pembudidaya ikan.  Peluncuran ‘Tepi Pantai’ dimeriahkan dengan penyerahan bantuan sarana pendukung tempat pelelangan ikan, kartu pelaku usaha perikanan.


 “Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Perikanan telah bekerja sama dengan pihak perusahaan swasta seperti PT Jhonlin Group melalui dana  CSR nya bisa membantu BPJS ketenagakerjaan sebanyak 517 orang nelayan dan budidaya yang ada di Kecamatan Simpang Empat, Batulicin dan Desa Setaraf,” jelas Yulian.


Yulian juga mengucapkan terima kasih apresiasi atas kinerja PPL selama ini, sehinga membuahkan hasil yang baik katanya. “Walaupun segi sarana dan prasarana darmaga masih terbatas, seperti di darmaga Batulicin, Mudalang dan Setaraf. Dan secara tegas akan tindak lanjuti laporan itu, karena kedepan hal di atas mampu menyumbangkan PAD untuk jangka panjang,” katanya. Dalam kesempatan tersebut, juga secara simbolis diserahkan bantuan kepada para nelayan dan pelaku usaha berupa Kartu Kusuka, BPJS Ketenagakerjaan dan sarana lelang ikan.zai-tanahbumbu



 

 
Aqua Update + Headline Aquanews + Cetak Update +

Artikel Lain