Rabu, 29 Juni 2022

Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan

Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan

Foto: Dok. TROBOS Jader


Karo (TROBOSAQUA.COM) Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Karo melaksanakan pelatihan pembuatan pakan ikan yang dilaksanakan pada (28-29/6) di Aula Halilintar, Jalan Jamin, Kabanjahe, Kabupaten Karo-Sumatera Utara. Narasumber pelatihan yang ditunjuk Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Karo adalah H Syammaun Usman, Ketua Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Dian Aquatik Indonesia yang beralamat di Jl Bunga Kardiol No 49 Kelurahan Baru Ladang Bambu Kec.Medan Tuntungan, Kota Medan.
 
Adapun peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 15 orang belajar teori dasar pembutan pakan ikan hingga bahan baku lokal yang dapat digunakan untuk pembuatan pakan ikan. Dan di hari terakhir, peserta melaksanakan praktik lapangan mencetak bahan baku menjadi pelet ikan yang telah disiapkan panitia pelaksana kegiatan.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Karo, Sarjana Purba menjelaskan, pakan ikan menentukan biaya produksi 60-80% dari total biaya produksi ikan. Oleh karenanya, pakan mandiri sangat disarankan untuk menurunkan cost (biaya) produksi perikanan. “Saya berharap peserta pelatihan yang 15 orang ini dapat menyerap ilmu dari narasumber pelatihan dan menyampaikan kepada pelaku utama ataupun pokdakan (kelompok budidaya ikan) binaan Dinas Ketahanan Panganan dan Perikanan,” tegasnya.jader-karo
 

 
Aqua Update + Aqua Update + Cetak Update +

Artikel Lain