Jumat, 27 Mei 2022

Partisipasi Politeknik Karawang pada Pengembangan Kampung Budidaya Nila Salin

Partisipasi Politeknik Karawang pada Pengembangan Kampung Budidaya Nila Salin

Foto: ist/dok.PoltekKPKarawang


Karawang (TROBOSAQUA.COM). Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa Sedari sebagai sentra pengembangan ikan nila salin.

 

Kampung Perikanan Budidaya merupakan suatu upaya pemerintah untuk memberdayakan masyarakat sektoral terlibat dan mengembangkan secara langsung bidang perikanan yang terukur dan terintegrasi dalam rangka memaksimalkan pendapatan dan taraf ekonomi masyarakat pelaku utama perikanan di Desa dimaksud.

 

Sebagaimana terlampir dalam dalam Kepmen-KP No. 16/2022, desa Sedari ditetapkan menjadi kampung inovasi untuk pengembangan ikan nila salin sebagai komoditas budidaya yang memiliki  ekonomis penting sekaligus sebagai suatu komoditas berbasis kearifan lokal.

 

Dalam rangka pendampingan masyarakat di desa Sedari sebagai Desa Inovasi Budidaya, Politeknik KP Karawang yang dalam hal ini diwakili oleh Program Studi Budidaya Ikan tidak menjalankan tugas secara tunggal, melainkan didukung dengan peran serta stakeholder antara lain seperti LPUMKP, koperasi rumput laut, pemerintah desa sedari dan masyarakat desa.

 

Pendampingan ini dilaksanakan pada Rabu, 25 Mei 2022 bertempat di Koperasi Rumput Laut. Dalam kegiatan pendampingan ini, hadir Direktur LPUMKP - Winata. Ia mengemukakan agar semua stakeholder bersama-sama menyiapkan konsep grand design Budidaya Ikan Nila Salin secara matang untuk melancarkan pendanaan kegiatan usaha budidaya tersebut.

 

Aksi pendanaan ini dimaksudkan untuk melakukan supporting terhadap kebijakan Pemerintah dengan melibatkan Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang sebagai unsur akademisi. Pihak Politeknik KP Karawang diharapkan dapat memberikan pelatihan, ceramah, sosialisasi atau kegiatan sejenisnya untuk mempersiakan Sumberdaya Manusia yang handal dan siap mengelola sumberdaya ikan nila di desa Sedari. ist/ed/ntr

 

 
Aqua Update + Headline Aquanews + Cetak Update +

Artikel Lain