Sabtu, 21 Mei 2022

Kunjungan MDPI ke Sukadanta Organic Farm

Kunjungan MDPI ke Sukadanta Organic Farm

Foto: Dok. Ning - Denpasar


Denpasar (TROBOSAQUA). Sebanyak 19 orang dari Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI), berkunjung ke kelompok masyarakat (pokmas) SukaDanta Organic Farm Selasa (17/5). “Ini kunjungan untuk penguatan kapasitas sekaligus melengkapi studi banding MDPI supaya ada insight bagi para nelayan saat sepi tangkapan,” ujar Agustina Nilam Ratnawati, koordinator rombongan. 
 
Dipilihnya SukaDanta sebagai lokasi kunjungan karena di lokasi ini, setiap orang bisa menyaksikan, mempelajari, berdiskusi tentang sistem pertanian terintegrasi dengan penerapan prinsip-prinsip pertanian selaras alam. “Kami jadi lebih terbuka, menyadari bahwa kebun-kebun yang kami punya juga bisa menghasilkan nantinya. Di sini (SukaDanta, red), wow, sapi-sapi sehat, banyak sekali sayur mayur tumbuh subur. Segar-segar, dan semua tidak menggunakan pupuk kimia. Semua pakai bahan-bahan alami. Kami musti contoh di kampung kami nanti,” tukas Saprin Fanah, Kepala Desa Minaesa, Kabupaten Minahasa Utara yang turut serta dalam rombongan. 
 
Kunjungan selama kurang lebih 4 jam itu diisi dengan rembug tani-nelayan, keliling kebun dan instalasi pengolahan pupuk, makan siang dengan menu lokal yang fresh serta panen sayur mayur organik. I Made Suka selaku sekretaris pokmas menyatakan bahwa apa yang dilakukan di SukaDanta adalah bentuk respon atas kebutuhan masyarakat akan kebutuhan upakara dan pangan sehat, segar juga murah. 
 
“Selama ini kami tergantung pada pasokan bahan pangan dan upakara dari Bali daratan. Semakin ke sini, kami menyadari bahwa kebutuhan akan bunga-bunga untuk upacara juga pangan sehat tak bisa ditunda,” ujar Suka. Ia bersama 8 anggota lainnya lantas membuka kebun-kebun kecil berisi aneka jenis sayur mayur, bebungaan, kolam ikan lele, ternak sapi dan ayam kampung. 
 
Hasilnya? “Sangat menjanjikan. Selama pandemi, ketika kami kehilangan pekerjaan, kebun-kebun kami ini yang menghidupi dan kini sudah mulai nabung-nabung,” imbuh Suka. “Semoga dengan kunjungan-kunjungan seperti ini semakin membuat kita semua terpacu untuk terus mengupayakan kehidupan yang lebih baik,” harap Suka.Trobos/ning-denpasar

 

 
Aqua Update + Aqua Update + Cetak Update +

Artikel Lain