Kamis, 23 Desember 2021

Pengurus SCI Kab Kaur - Seluma Dilantik

Pengurus SCI Kab Kaur - Seluma Dilantik

Foto: dok.datuk-lampung


Bengkulu (TOBOSAQUA.COM). Dewan Pengurus SCI kab Kaur-Seluma, provinsi Bengkulu masa periode 2021-2026 dilantik Dewan Pengurus Pusat SCI di Bintuhan, pada Senin (20/12).

 

Prosesi pelantikan ditandai dengan pembacaan SK Pengesahan Susunan Pengurus oleh Andi Tamsil, Penasihat SCI Pusat dan penyerahan bendera SCI kepada Ketua SCI Kab Kaur-Seluma Ir Soleman D Lululangi.

 

Pelantikan berdasarkan SK Dewan Pengurus Pusat SCI Nomor 021/A/SCI/XII/2021 yang diteken ketua umum Irwan Sutanto dan sekretaris I Nengah Sarjana. Dihadiri bupati dan wakil bupati Kaur Lismidianto dan Herllian Muchrim, yang didaulat menjadi pembina pada kepengurusan SCI Kaur-Seluma.

 

Andi Tamzil mengatakan, 70% udang budidaya di Indonesia diproduksi oleh anggota SCI. Maka untuk merealisasikan peningkatan produksi dan ekspor udang yang ditargetkan pemerintah menjadi 250% hingga 2024, Andi minta kepada pemerintah pusat dan daerah agar mempermudah perizinan.

 

“Jika izin pembukaan tambak baru dipersulit maka jangan bermimpi produki udang bakal naik,” tutur Andi yang sebelumnya menjabat sebagai sekjen SCI dua periode kepengurusan sebelumnya.

 

Demikian pula soal IPAL, ia minta, anggota SCI untuk membangun IPAL di lokasi tambaknya. Agar pembuatan instalasi pengolahan limbah dan pelaporannya bisa dijalankan dengan baik maka Andi minta agar staf di tambak diikutkan untuk pelatihan IPAL hingga memiliki sertifikat.

 

Lalu kepada Pemda, Andi minta agar memberikan pembinaan dengan baik. “Tambak udang jangan dipersepsikan sama dengan industri. Air yang dikeluarkan dari tambak tidak sama dengan limbah industri karena air tersebut bukan ‘waste’ melainkan ‘use’ yakni air yang bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman,” pinta Andi.

 

Pelantikan SCI Kaur-Seluma dilakukan seusai diskusi soal instalasi pengolahan limbah tambak dengan narasumber Itang Hidayat, Head of Aquaculture Technology Development PT STP. Diskusi dihadiri sekitar 100- peserta yang terdiri dari praktisi tambak dan pemilik tambak udang dari Bengkulu, Lampung dan Sumatera Barat.

 

Susunan pengurus SCI Kaur-Seluma terdiri dari pembina Lismidianto dan Herlian Muchrim, dewan pengurus diketuai Soleman D Lululangi, sekretaris Sapto Mugiyanto, bendahara Eko Teguh Haryanto dan ketua Bidang Teknologi, Riset dan Budidaya M Andi Kurniawan.ed/datuk-lampung)

 
Aqua Update + Aqua Update + Cetak Update +

Artikel Lain