Rabu, 15 Desember 2021

Kejar Target Produksi Udang Nasional

Kejar Target Produksi Udang Nasional

Foto: 


Tren positif pengembangan usaha udang nasional tak luput dari perhatian pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Tak tanggung-tanggung, target produksi udang nasional sampai tahun 2024 sebesar 2 juta ton pun dicanangkan. Menurut Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, TB Haeru Rahayu, hingga 2021 ini produksi udang Indonesia baru mencapai sekitar 850 ribu ton. 
 
 
Lebih lanjut Tebe menjelaskan, upaya untuk mengejar target produksi tersebut dilakukan dengan pendekatan program revitalisasi tambak udang dan percontohan tambak intensif terintegrasi atau shrimp estate (modelling). Program revitalisasi dilakukan melalui upaya memperbaiki tambak-tambak skala tradisional sesuai dengan kaidah Cara Budidaya Ikan yang Baik dan Benar (CBIB) dan berkelanjutan. Misalnya alur sumber air (inlet) dan pengeluaran air tambak (outlet) diperbaiki, termasuk penerapan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) tambak. 
 
 
Targetnya 45 ribu hektar tambak udang tradisional di Indonesia, lanjutnya, dibuat percontohan klaster revitalisasi antara lain di Konawe dan Konawe Selatan Sulawesi Tenggara dan Kotabaru Kalimantan Selatan. “Pada program klaster ini kita berupaya meningkatkan produktivitas tambak tradisional yang rata-rata 0,6 ton per hektar per tahun jadi sekitar 30 ton per hektar per tahun, dengan luas rata-rata tambak yang direvitalisasi sekitar 5 hektar,” ujar Tebe. 
 
 
Kemudian program tambak terintegrasi percontohan (shrimp estate), pihaknya berupaya meningkatkan produktivitas tambak yang rata-rata saat ini 0,6 ton per hektar per tahun jadi 80 ton per hektar per tahun. Lokasi program percontohan antara lain di Sumbawa Nusa Tenggara barat, Muna Sulawesi Tenggara, dan Aceh Timur. Luas masing-masing lokasi tambak terintegrasi sekitar 1.000 hektar. 
 
 
Tebe menilai, prospek pengembangan budidaya udang vannamei di Indonesia sangat luar biasa. Potensi pasar global udang sangat tinggi dan terus meningkat, sementara negara produsen udang bisa dibilang tidak banyak termasuk Indonesia. Saat ini ada sekitar 300.501 hektar lahan tambak udang di Indonesia yang terdiri dari tambak intensif (9.055 hektar), tambak semi intensif (43.643 hektar), dan tambak tradisional (247.803 hektar).
 
 
Selengkapnya Baca di Edisi 115/ 14 Desember - 15 Januari 2022
 

 
Aqua Update + Inti Akua + Cetak Update +

Artikel Lain