Jumat, 10 Desember 2021

Pakan Benih Ikan Premium dari Ocialis

Pakan Benih Ikan Premium dari Ocialis

Foto: 


Jakarta (TROBOSAQUA.COM). Produsen Pakan Ikan Internasional Ocialis terus mengenalkan produk andalannya dengan menggelar webminar belum lama ini. Acara online ini diselenggarakan pada 9 Desember 2021 bekerjasama dengan Tcomm dengan tema “Manajemen Strategi Pakan Dalam Pembenihan Ikan”.  Lebih dari 300 orang peserta yang mengikuti acara ini melalui aplikasi zoom dan channel youtube Agristream TV.
 
 
Hadir sebagai narasumber yang pertama adalah Eri Sulistio, Aquaculture Manager Ocialis Indonesia. Dalam sesi webminar, Eri menyampaikan, persepsi yang terjadi di pembudidaya Indonesia yaitu benih merupakan faktor terpenting dalam budidaya ikan. Dimana benih adalah penunjang pertama kesuksesan budidaya. Penunjang kesuksesan yang kedua yaitu tempat kegiatan budidaya itu sendiri, di tempat terbuka atau tertutup. Ketiga adalah biaya terbesar dalam produksi, yaitu pakan.
 
 
Narasumber Kedua yaitu Henry Coung, Aquaculture Technical Manager Ocialis Asia. Henry mengatakan, setiap benih memiliki kebiasaan makan yang berbeda-beda, tergantung pada spesiesnya. Secara umum benih membutuhkan pakan yang mengandung protein tinggi. Poin terpenting adalah protein tercerna, karena protein kasar saja tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ikan.
 
 
"Untuk pasar Indonesia, dibutuhkan komposisi pakan yang bersumber dari daging ikan dan bebas dari protein babi. Serta dibutuhkan asam amino yang tinggi khususnya golongan EAA yang berguna untuk pertumbuhan ikan," ujar Henry.
 
 
Menjawab semua kebutuhan pembudidaya, Henry mengungkapkan, Ocialis menghadirkan produk pakan Nanolis Go  yang cocok untuk ikan-ikan yang berada pada fase benih. Pakan ini memiliki sifat yang slow sinking (lambat tenggelam) dan berbentuk crumble (serbuk). Pakan ini juga adalah pakan micro extruded dan mengurangi pengaruh kualitas air.
 
 
Narasumber ketiga yaitu Marc Campet, Aqua Commercial Development Manager Ocialis. Marc mengatakan, pembibitan atau pembenihan merupakan rangkaian aktivitas yang kompleks. Diperlukan keterampilan dan manajemen yang spesifik. Selain itu, aplikasi yang benar menentukan performance di pembesaran dan keuntungan budidaya.
 
 
Marc juga mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diingat oleh para pembudidaya, bahwasanya benih ikan memiliki mulut yang berukuran kecil (0,2 - 3 mm). Organ benih belum terbentuk dan berfungsi dengan sempurna. Benih juga mudah terinfeksi penyakit serta ketika pada fase ini, benih-benih memerlukan kondisi lingkungan yang optimal (DO, pH, NO2, dan lainnya).
 
 
Sependapat dengan Henry, dalam webminar Marc juga memaparkan solusi untuk pembudidaya agar nantinya tercapai panen yang optimal. “Kini telah hadir pakan yang baik untuk digunakan oleh pembudidaya. Pakan tersebut yaitu Nanolis P dan Nanolis Go,” lanjut Marc.
 
 
Pakan Nanolis P adalah pakan premium yang fokus terhadap percepatan pertumbuhan sedangkan Nanolis Go adalah pakan hemat biaya yang fokus pada cost effective (efisiensi biaya). Keduanya didedikasikan sebagai brand premium untuk tahap pembenihan ikan air tawar di Asia. “Dalam pakan hal terpenting lainnya yaitu keseragaman ukuran, hal itu ada pada Nanolis P dan Nanolis GO,” jelas Marc.
 
 
Narasumber keempat yaitu Dr. Pierre Domps, General Manager Ocialis Indonesia. Pierre memaparkan, saat ini di Indonesia sudah mamapu menghadirkan pakan Nanolis P dan Nanolis Go yang terfokus pada fase pembenihan. “Namun kedepannya kita akan hadirkan produk lainnya untuk mendukung kegiatan budidaya di Indonesia,” ujar Pierre semangat.
dian

 
Aqua Update + TComm + Cetak Update +

Artikel Lain