Kamis, 9 Desember 2021

Tips Mengolah Pempek dari Nila dan Kakap

Tips Mengolah Pempek dari Nila dan Kakap

Foto: ist/dok.KKP


Tangerang (TROBOSAQUA.COM). Loligo Berkah - produsen olahan ikan di Ciledug – Tangerang memproduksi pempek dengan berbahan baku ikan nila dan kakap.

 

Pemiliknya, Fathoni menunjukkan stok bahan bakunya. “Ikan yang digunakan sebagai bahan dasar pempek, tekwan, siomay, dan produk lainnya yaitu ikan nila,” kata Fathoni (Pemilik). Selain ikan nila, juga ditambahkan ikan kakap dengan perbandingan antara keduanya yaitu 70 : 30 (nila : kakap). Karena jika hanya ikan nila atau ikan tawar saja, produk akan dirasa kurang gurih dan kurang beraroma ikan,

 

Pada dasarnya pempek terbuat dari ikan belida, tenggiri ataupun gabus, tetapi karena kini ikan-ikan tersebut dijumpai dengan harga yang cukup tinggi di pasaran, Fathoni pun memodifikasi dengan mencoba mencampur bahan baku antara ikan air tawar dan ikan air laut. Pada akhirnya didapatkan hasil bahwa ikan nila juga cocok menjadi bahab dasar pempek, dimsum, dan olahan lainnya.

 

Tak lupa Fathoni membeberkan resep salah satu produk adalannya yaitu pempek kepada tim TROBOS Aqua pada sesi wawancara beberapa waktu lalu. Ketika ikan datang dari distributor, ikan langsung ditaruh diwadah dan dibersihkan, tidak lupa tangan juga dicuci terlebih dahulu.

 

Setelah dibersihkan dan di-fillet, ikan digiling menggunakan chopper, lalu ditimbang menggunakan timbangan digital. Daging ikan yang sudah halus kemudian dicampurkan dengan bahan baku lainnya, diaduk kemudian dibentuk, baru terakhir direbus.

 

“Bahan baku pempek terdiri dari tepung tapioka, telur, penyedap rasa, dan daging ikan. Dalam membuat pempek, saya menggunakan perbandingan 2 : 1 antara daging ikan dan tepungnya. Sedangkan cukonya terbuat dari gula batok asli yang dikirim dari Palembang, cuka atau asem jawa, bawang putih, gula pasir, cabe rawit, dan garam”, tutup Fathoni.ed/dian

 
Aqua Update + Aqua Update + Cetak Update +

Artikel Lain