Selasa, 7 Desember 2021

Strategi Hadapi Tantangan Budidaya Udang

Strategi Hadapi Tantangan Budidaya Udang

Foto: Istimewa


Jakarta (TROBOS). DSM, perusahaan yang bergerak di bidang nutrisi dan kesehatan hewan bersama PMI (Petambak Muda Indonesia) mengadakan webinar melalui kanal Zoom (7/12) lalu yang difasilitasi oleh Tcomm TROBOS. Acara yang bertemakan ‘Strategi Adaptasi di Pertambakan Udang’ ini menghadirkan narasumber Chiow Yen Liew, Aqua Marketing Manager DSM Nutritional Products dan Daranee Seguin, Manager Nutrition and Health Solution-Aquaculture DSM Nutritional Products dengan moderator Abung Maruli Simanjuntak, Technical Sales Manager – Aquaculture Biomin. 
 
 
Kegiatan webinar setengah hari ini, dimulai dengan sambutan oleh Rizky Darmawan, Ketua Umum PMI yang juga merupakan pelanggan setia DSM. “Kita harapkan acara ini bisa bermanfaat dan DSM bisa mendatangkan beberapa inovasi untuk memperlancar budidaya kita,” ucap Rizky memberi sambutan di awal acara.
 
 
Dalam pemaparan utama, Ms Liew memaparkan materi yang berjudul Strategi Adaptasi dan pengenalan tentang produk DSM, Rovimax HB Ultra. Ms Liew mengawali paparannya dengan menjelaskan kapasitas adaptif. Dimana kapasitas adaptif didefinisikan sebagai kemampuan suatu ekosistem untuk menghadapi suatu paparan dan kerentanan, mengatasi konsekuensinya, dan menggunakannya sebagai peluang. 
 
 
“Dalam budidaya, khususnya udang, stres tidak bisa dihindari dan hal ini bisa menjadi kronis. Rovimax HB Ultra, produk kita yang merupakan strategi adaptasi praktis untuk meningkatkan kapasitas adaptasi hewan dengan pendekatan nutrisi multikomponen untuk mengoptimalkan ketahanan terhadap stres,” ujar Ms Liew.
 
 
Sementara Ms Daranee menjelaskan tentang ‘Stress and Disease Management under Challenge Farming Conditions’. Ia menekankan bahwa manajemen stres dan penyakit melalui peningkatan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kesehatan udang secara umum. “Serta dengan meningkatkan toleransi stres dan penyakit untuk mengurangi dampak negatif pada kinerja pertumbuhan dan kelangsungan hidup,” terangnya.
 
 

 
Aqua Update + Aqua Update + Cetak Update +

Artikel Lain