Minggu, 15 Agustus 2021

STP : Terdepan Hadirkan Pakan Ramah Lingkungan

STP : Terdepan Hadirkan Pakan Ramah Lingkungan

Foto: 


Inisiatif pengembangan produk pakan yang ramah lingkungan menjadi sebuah bukti komitmen Suri Tani Pemuka yang mengedepankan budidaya perairan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan
 
 
Pada 14 Juli 2021, PT Suri Tani Pemuka (STP) berpartisipasi dalam ajang akuakultur dunia Future of Fish Feed (F3) yang diadakan secara virtual. Ini merupakan kali kedua STP menjadi panelis yang dihadiri oleh pelaku akuakultur dunia. Future of Fish Feed (F3) merupakan sebuah upaya kolaborasi antara LSM, peneliti, dan kemitraan swasta untuk mempercepat komersialisasi bahan pakan subtitusi perikanan budidaya yang inovatif untuk menggantikan ikan tangkapan liar
yang menyebabkan populasinya menurun.
 
 
Dalam webinar F3 yang bertajuk Emerging Trends in Alternative Feeds for Shrimp (Tren Alternatif Pakan untuk Udang), Ardi Budiono selaku Head of Aquaculture
Division STP dan Erwin Suwendi selaku Head of Nutritionist STP berbicara mengenai penelitian dan tantangan pada produk pakan udang STP serta potensi yang dapat dilakukan kedepannya dalam mengganti bahan pakan tangkapan liar dalam produk pakan STP lainnya. Diikuti oleh lebih dari 150 pelaku industri akuakultur dari mancanegara, STP menjadi satu-satunya perusahaan akuakultur Indonesia yang menjadi panelis dalam webinar yang diselenggarakan oleh F3.
 
 
Ardi menjelaskan, STP bekerjasama dengan dua universitas yang mempunyai reputasi internasional di bidang akuakultur; yaitu Kindai University Jepang dan Saba University Malaysia. “Visi kami menjadi total solution company di industri akuakultur. Kami berharap dapat terus memberikan brand reputasi yang terbaik dan menyediakan produk sesuai kebutuhan customer. Sehingga kami bisa memberikan distribusi yang lebih cepat, menjadi mitra yang dapat diandalkan, serta menjadi sumber penyedia protein yang mengedepankan keberlanjutan,” paparnya.
 
 
STP telah melakukan banyak penelitian dan pengembangan melalui Aquaculture Research Centre yang berlokasi di beberapa daerah seperti Banyuwangi, Cianjur, dan daerah Indonesia lainnya. Riset tersebut fokus dalam mengurangi penggunaan tepung ikan dalam produk pakan STP serta menciptakan formula pakan yang lebih ramah lingkungan.
 
 
Erwin mengungkapkan, hingga saat ini STP telah mengurangi jumlah yang signifikan dalam penggunaan tepung ikan pada produk pakan udang dan juga pakan ikan. STP pun juga memiliki fasilitas mobil lab keliling yang dinamakan Aquaculture Diagnostic Mobile Lab untuk dapat menjangkau pelanggan dalam memeriksakan hasil budidayanya di fasilitas mobil lab keliling milik STP.
 
 
Menurut Ardi, inisiatif terhadap pengembangan produk pakan yang ramah lingkungan ini menjadi sebuah bukti nyata atas komitmen STP yang secara terus menerus mengdepankan budidaya perairan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Tentunya baik untuk industri akuakultur di Indonesia maupun mancanegara.
 
 
Nilai-nilai yang dijunjung STP pun diantaranya purposeful (penuh tujuan), yang mana STP selalu berkomitmen dan bersungguh – sungguh terhadap apa yang dilakukan. Dan STP ingin selalu memberikan nilai tambah, serta yakin dengan memberikan yang terbaik kepada stakeholders. Nilai responsible (bertanggung jawab), adalah langkah yang STP ambil selalu mempertimbangkan aspek jangka panjang, dengan perspektif yang lebih besar.
 
 
Selain itu, STP memahami tanggung jawabnya tidak hanya untuk karyawan dan pelanggan. Komitmen STP juga untuk membangun masa depan berkelanjutan, yang akhirnya menuju nilai relentless (tanpa henti), karena industri budidaya perairan perkembangannya sangat dinamis. Sehingga, penting bagi STP untuk terus menerus berkembang dan berinovasi. TROBOS Aqua/Adv
 
 

 
Aqua Update + Advertorial Aqua + Cetak Update +

Artikel Lain