Jumat, 2 Juli 2021

Program Pembinaan UMKM Toba Tilapia

Program Pembinaan UMKM Toba Tilapia

Foto: Dok. STP


Simalungun (TROBOSAQUA.COM). Wakil Bupati Simalungun, H. Zonny Waldi didampingi Imam Santoso, Deputy Head of Tilapia Operation PT Suri Tani Pemuka (STP), meresmikan salah satu program CSR-nya (Corporate Social Responsibility) yakni Program Pembinaan UMKM Toba Tilapia di halaman Kedai Kopi Bintang Rizki - Tigaras  Simalungun Sumatera Utara pada (1/7). Program Pembinaan UMKM Toba Tilapia ini merupakan wujud dukungan nyata STP untuk keberhasilan pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba. 
 
 
Wakil Bupati Simalungun, H. Zonny Waldi mengungkapkan, “Dalam mewujudkan percepatan pengembangan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), diperlukan sinergi yang kuat antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk dapat maju bersama secara beriringan. Saya mengapresiasi aksi nyata STP dalam mendukung keberhasilan pengembangan pariwisata Danau Toba, dan membantu serta mendampingi masyarakat lokal untuk dapat maju dan mampu menjadi pelaku utama kebangkitan pariwisata Danau Toba.” 
 
 
Imam ikut menjelaskan, Program Pembinaan UMKM Toba Tilapia merupakan program tanggung jawab sosial yang berkelanjutan yang terdiri dari rangkaian kegiatan, mulai dari peningkatan kualitas kebersihan kedai, pembinaan hingga pengawasan. Pembinaan yang dilakukan meliputi pelatihan mengenai higienitas untuk meningkatkan kebersihan lingkungan kedai serta kualitas kebersihan dari makanan dan minuman yang disajikan, hingga pendampingan dan pengawasan.
 
 
Saat ini, STP memulai program di sekitar wilayah operasional perusahaan terlebih dahulu, yakni Simalungun dan dimulai dari kawasan Pelabuhan Tigaras dengan 3 kedai yang menjadi pilot project, yakni Kedai Kopi Bintang Rizki, Kedai Makan Sabila, dan Kedai Makan Sangga Boi. Selanjutnya STP akan memonitor dan mengevaluasi program ini untuk terus dikembangkan dan disempurnakan untuk pelaksanaan tahap berikutnya.
 
 
“Kedai kami yang sudah berdiri lebih dari tujuh tahun ini, kini sudah lebih layak dan nyaman bagi para pengunjung. Kami juga mendapat pembinaan agar dapat meningkatkan kebersihan di kedai kami. Melalui program UMKM Binaan Toba Tilapia, kami berharap UMKM kuliner lokal seperti kami dapat menjadi bagian dan ikut menikmati keberhasilan program pengembangan pariwisata Danau Toba,” ungkap Mak Nisa pemilik Kedai Bintang Rizki. 
meilaka
 
 

 
Aqua Update + Headline Aquanews + Cetak Update +

Artikel Lain