Selasa, 22 Juni 2021

Pelatihan Keselamatan Dasar Nelayan Garut

Pelatihan Keselamatan Dasar Nelayan Garut

Foto: Dok. Antara


 
Garut (TROBOSAQUA.COM). Kabupaten Garut memiliki pesisir dengan garis pantai sepanjang 80 km. Sebagian besar masyarakat di pesisir berprofesi sebagai nelayan, namun sering kali keterbatasan ilmu membuat pelaku utama perikanan kurang memperhatikan keselamatan diri dalam bekerja. Untuk menanggulangi fenomena tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Pelatihan Keselamatan Dasar Kerja di atas Kapal bagi masyarakat perikanan di Kabupaten Garut, Jawa Barat pada 17 - 18 Juni 2021.
 
 
Difasilitasi oleh Balai Pelatihan Penyuluhan dan Perikanan (BP3) Tegal, pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 100 peserta, khususnya para nelayan. Kegiatan ini dilakukan secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan masyarakat di bidang keselamatan kerja di atas kapal, khususnya tentang teknik penyelamatan diri di laut serta teknik pencegahan dan pemadaman kebakaran.
 
 
Turut hadir dalam pelatihan ini, Anggota Komisi IV DPR RI, Haerudin menyebut pelatihan ini tepat sasaran karena keselamatan menjadi faktor utama dalam kegiatan penangkapan ikan di laut. Pada pelatihan ini, Haerudin didampingi oleh perwakilan BP3 Tegal secara simbolis menyerahkan bantuan bagi masyarakat perikanan berupa life jacket sejumlah 100 buah kepada perwakilan peserta pelatihan. 
humasbrsdmkp
 
 

 
Aqua Update + Aqua Update + Cetak Update +

Artikel Lain