Senin, 3 Mei 2021

Filipina Jadi Pasar Eksklusif Nener Selama Pandemi

Filipina Jadi Pasar Eksklusif Nener Selama Pandemi

Foto: ning
Nener bandeng yang sudah dipacking

Bali (TROBOSAQUA.COM). Bagi sebagian besar orang, masa pandemi adalah masa yang cukup sulit. Tetapi kondisi ini tak berlaku bagi Najib, salah seorang penghasil nener (benih bandeng) di Desa Penyabangan Dusun Gondol, Kabupaten Buleleng, Bali. Nener yang ia produksi diekspor lansung ke Filipina dengan menyarter pesawat.
 
 
“Biasanya mengirim pakai kargo pesawat biasa. Selama pandemi, kan ndak ada penumpang. Akhirnya, eksportir kan nyarter pesawat seperti Filipina Airlines, Cebu Pasific,” terang Najib. Saat ditemui di kawasan produksinya, pemilik usaha CV Bali Live ini tengah panen raya. Ia juga berkisah mengenai lika liku perjalanan bisnis nenernya yang sudah dimulai sejak 2010. 
 
 
Ayah dua anak ini mengaku permintaan nener dari Filipina terus meningkat sepanjang tahun. “Terhitung Februari lah kami sampai kewalahan karena permintaan pasar di Filipina terus ada. Kuotanya kan banyak sekali. Tiga hari sekali kami kirim ke Filipina. Saat ini, rata-rata nyuplai separoh dari kapasitas pesawat Airbus,” ungkap Najib. Rata-rata dalam setiap pengirimannya itu mecapai 1.400 boks.
 
 
“Kita kebagian 800-an boks, kira-kira ada 40-an juta nener. Tergantung skill packing dan treatment di kolam. Jika treatment di kolam bagus, nener menjadi lebih sehat dan bisa diisi berdesakan guna menekan ongkos,” imbuhnya. 
 
 
Selain alami peningkatan jumlah, ekspor nener ke Filipina juga diikuti oleh tren harga nener yang bergerak naik. Jika sebelumnya harga nener mentok di Rp 20 -  Rp 30 per ekor, kini harganya bisa tembus hingga Rp 60 per ekor. 
 
 
“Sepanjang sejarah perneneran (kira-kira sejak 2001), saat ini kami dapat harga terbaik. Di tingkat petani sekarang Rp 40 per ekor. Kemarin-kemarin sempat Rp 60 (per ekor),” ungkat Najib penuh semangat. Ia juga berharap ke depan harga dan pasar nener akan terus stabil. Ed/Ning
 

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain