Selasa, 27 April 2021

Patin Pustina Diperkenalkan

Patin Pustina Diperkenalkan

Foto: dok. kkp


Jambi (TROBOSAQUA.COM). Satu lagi variestas induk ikan unggulan diluncurkan, kali ini adalah ikan Patin Pustina. Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam Jambi berhasil mengembangkan patin varietas baru yang dinamai Patin Pustina. Pustina merupakan kependekan dari Pusat Pengembangan Ikan Patin Nasional. Peluncuran ikan patin unggul ini dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono (23/4) lalu di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam, Jambi. 
 
 
BPBAT Sungai Gelam pada tahun 2008 ditunjuk sebagai koordinator Pustina untuk menghasilkan induk dan benih unggul ikan patin siam yang sangat dibutuhkan masyarakat. Sejak tahun 2009, BPBAT Sungai Gelam sudah mengumpulkan benih patin siam dari berbagai daerah di Indonesia, lalu Kamboja serta Vietnam. Kegiatan seleksi tersebut sejalan dengan kegiatan produksi untuk mendapatan induk patin yang lebih unggul lagi ke depan.
 
 
Patin Pustina memiliki banyak keunggulan, di antaranya dalam hal ketahanan terhadap lingkungan dan penyakit, juga dalam kelangsungan hidup, pertumbuhan yang lebih cepat, maupun efisiensi terhadap penggunaan pakan. Pembuktian dilakukan melalui uji multilokasi dan uji tantang dibandingkan dengan jenis ikan patin lainnya. Selain itu, uji banding multilokasi di tahap pembesaran juga sudah dilakukan di BPBAT Sungai Gelam, Kawasan Kolam Tadah Hujan Kecamatan Kumpeh, Karamba di Sungai Batanghari, dan Bogor. ed/meilaka
 

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain