Jumat, 19 Maret 2021

Harga Udang Membaik, Tapi Perizinan Masih Jadi Kendala

Harga Udang Membaik, Tapi Perizinan Masih Jadi Kendala

Foto: Ricky Liduan Kho


Medan (TROBOSAQUA.COM). Pergerakan harga udang di level petambak pada pertengahan Maret 2021 ini cenderung meningkat. Menurut pelaku usaha tambak udang asal Medan-Sumatera Utara, Ricky Liduan Kho, harga udang per 19 Maret 2021 untuk semua ukuran (size) rata-rata naik Rp 1.000 per kg. “Kecenderungan harga udang naik. Ini lebih baik dari akhir tahun lalu,” kata Ricky kepada TROBOS Aqua (19/3). 
 
 
Ia mencontohkan harga udang size 50 (50 ekor per kg) saat ini ada di harga Rp 65 ribu per kg di tingkat petambak. Lalu udang size 30 di harga Rp 82 ribu per kg dan size 100 diharga Rp 47 ribu per kg (lihat tabel). “Untuk ukuran udang yang paing menguntungkan saat kita panen size besar,” ujar Pria yang tergabung dalam Shrimp Club Indonesia (SCI) wilayah Sumatera Utara ini. 
 
 
Lebih lanjut ia menjelaskan, dari sisi teknis produksi atau budidaya udang awal tahun ini setidaknya petambak di daerahnya bisa panen tanpa kendala berarti. Meski tetap ada tantangan penyakit, tapi petambak masih bisa produksi dan panen.
 
 
Permasalahan, kata Ricky, justru ada pada aspek non-teknis. 
“Yang ada adalah kendala non-teknis seperti perizinan, biaya kargo yang mahal untuk benur, dan perpajakan. Kita sebagai petambak berharap ada dukungan pemerintah baik pusat maupun daerah yang konkrit untuk meminimalisir kendala non-teknis tersebut,” ungkap Ricky. 
Ed/meilaka
 

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain