Kamis, 4 Maret 2021

Teknologi Kecerdesan Buatan Permudah Penyelam Tangkap Ikan

Teknologi Kecerdesan Buatan Permudah Penyelam Tangkap Ikan

Foto: ist/doc. YouTube/Arirang TV
AI untuk Penyelam Penangkap Ikan

Pohang (TROBOSAQUA.COM). Dalam dunia perikanan tangkap, operasional penangkapan ikan yang dilakukan secara individu ternyata bisa tidak kalah inovatif dibanding dengan armada perikanan tangkap. Hal ini seperti terlihat pada karya teknologi inovasi yang dikembangkan oleh Pohang University of Science and Technology (Postech)-Korea Selatan. 
 
 
Dalam laporan video yang disiarkan Arirang TV melalui kanal Youtube pada Rabu (3/3) lalu, tim Postech yang tergabung dalam Division of Advanced Nuclear Engineering ini, tengah mengembangkan teknologi robot dengan artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) untuk meneliti aktivitas bawah laut seperti sumber daya ikan (SDI), di tempat yang sulit dijangkau manusia. Tempat-tempat tersebut antara lain pada kedalaman ratusan meter di bawah laut atau di daerah-daerah pengembangan fasilitas nuklir. 
 
 
Tim ini juga mengembangkan teknologi sederhana yang bisa diaplikasi untuk membantu kegiatan operasional perikanan tangkap. Song Young Woon, mahasiswa doktoral (Ph.D) di Postech memaparkan tentang sistem keamanan pintar yang disebut sebagai ‘Smart Te-Wak’ itu. 
 
 
Te Wak adalah pelampung tradisional yang membantu Haenyeo atau penyelam perempuan Korea untuk berenang dengan memanfaatkan daya apung dan membantu mereka untuk menjaga hasil tangkapan di dalam jaring ikan. Haenyeo mampu menyelam tanpa bantuan alat selam dan menahan napas di dalam air untuk waktu yang lama. 
 
 
“Kami mengembangkan ‘Smart Te-Wak’ yang merupakan alat yang lebih aman dengan penerapan teknologi artificial intelligence (AI) dan kamera bawah air,” terang Song. AI dan kamera dapat membantu para penyelam ini untuk memantau situasi di dalam air. 
 
 
Song kemudian menunjukkan bagaimana cara kerja sistem ‘Smart Te-Wak’. Ia bisa memprediksi kecelakaan di dalam air seperti tenggelam, serta mengirimkan peringatan kepada Haenyeo. “Jika penyelam tidak muncul ke permukaan setelah lama di dalam air, alat ini akan mengirimkan alarm,” terangnya. dini 
 

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain