Selasa, 16 Pebruari 2021

Aquabinar 9: Adopsi Teknologi Autofeeder dan Aerator

Aquabinar 9: Adopsi Teknologi Autofeeder dan Aerator

Foto: ist/dok.ZOOM-Aquabinar9


Jakarta (TROBOSAQUA.COM). Majalah TROBOS Aqua bersama TComm sukses menggelar acara Aquabinar ke 9 pada 13 Februari lalau. Acara webminar ini mengangkat tema "Adopsi Teknologi Autofeeder dan Aerator untuk Peningkatan Profit Akuakultur". Acara ini juga disiarkan secara live melalui kanal youtube Agristream TV.

 

Acara online yang disponsori oleh Yayasan WWF Indonesia ini diikuti tidak kurang dari 200 partisipan. Aquabinar kali ini menghadirkan pembicara-pembicara kredibel pada bidangnya yaitu Prof. Nurul Taufiqu Rochman, Kepala Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI, Dr. Romi Novriadi, Peneliti dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Imanuel Dwi Kanta Nugraha: Pembudidaya Nila di Klaten, serta Nur Ahyani, Koordinator Nasional Akuakultur Yayasan WWF Indonesia.

 

Prof Nurul membawakan materi tentang adopsi teknologi nanobuble dan mikrobuble pada akuakultur. Ia menjelaskan teknologi yang terbaru pada bidang aerator adalah nanobule, diman ukuran partikel gelembung udara jauh lebih kecil dari mikrobule sampai tidak terlihat secara kasat mata. Penggunaan nanobuble dapat meningkatkan kadar oksigen terlarut secara signifikan dan dalam waktu yang lebih lama ketimbang mikrobuble. Kondisi ini membuat komoditas akaukultur yang dipelihara bisa lebih sehat dan mendukung pertumbuhan yang lebih cepat.

 

Dr Romi membawakan materi tentang hasil penelitian perbandingan penggunaan autofeeder (alat pakan otomatis) danan cara pemberian pakan secara manual. Hasilnya jelas penggunaan autofeeder dapat meningkatkan efisiensi pemberian pakan. Lalu Imanuel menceritakan pengalamannya dalam budidaya nila di daerahnya menggunakan autofeeder.

 

Tak kalah menariknya Nur Ahyani membawakan informasi terkait sayembara lomba dalam program Agresults yang ditujukan pada para pelaku usaha autofeeder dan aerator. Informasi lebih lengkap terkait lomba ini bisa lihat di link ini https://panda.wwf.id/AgResultsIndonesiaAquacultureChallengeProject/. ist/ed/meilaka

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain