Senin, 15 Pebruari 2021

Sgara Gandeng CJ Feed Aplikasikan Software Tambak

Sgara Gandeng CJ Feed Aplikasikan Software Tambak

Foto: 
(Dari kiri ke kanan) Brian Hugo dari TBAI, Haris Muhtadi, Christopher Jason, Ryu Hun Suk dan Rizky Darmawan

Sgarabook siap melayani berbagai kebutuhan petambak udang dengan software yang menyajikan data lengkap serta analisa Artificial Intelligence
 
 
Bertempat di PT Tanjung Bumi Akuakultur Indonesia (TBAI) yang berlokasi di Probolinggo Jawa Timur, beberapa waktu lalu diselenggarakan penandatanganan MoU antara Sgara dan salah satu produsen pakan udang terkemuka, PT CJ Feed Indonesia (CJ). Dalam kesempatan tersebut, hadir Director Of Aquafeed CJ, Ryu Hyun Suk dan Associate Director of Aquafeed CJ, Haris Muhtadi, Founder & CEO Sgara Christopher Jason dan Rizky Darmawan serta para petambak yang tergabung dalam TBAI. 
 
 
CEO Sgara Christopher Jason menyam¬paikan, kerjasama ini bermula dari hubungan yang telah lama terjalin antara CJ Feed, Sgara, dan PT TBAI. PT TBAI, lanjutnya, sebagai early adopter telah menggunakan Sgarabook yang merupakan online platform tambak udang untuk mengatur tambaknya di Madura dan Probolinggo. “Ternyata, mereka sangat puas dengan produk yang ditawarkan Sgara dan berniat untuk menggunakan pelayanan Sgara seterusnya setelah program free trial berakhir,” klaim pria yang akrab disapa Jason ini. 
 
 
Sedangkan CJ Feed yang merupakan pemasok pakan udang utama di PT TBAI ikut mendukung modernisasi petambak karena menyadari pentingnya data yang akurat dalam budidaya tambak udang. Menurut CJ, hal ini akan mendukung dalam peningkatan produksi tambak udang. “Sehingga CJ Feed setuju untuk mensponsori pilot project modernisasi tambak udang dengan PT TBAI sebagai customer pertama ini,” terang Haris. 
 
 
Analisa Data Lengkap 
Sgara sebelumnya bernama Pasar Udang. Startup ini didirikan pada tahun 2018 oleh para milenial Christopher Jason Sjarif, Rizky Darmawan, dan Arrival Dwi Sentosa. Sgara bergerak di bidang online platform untuk pertambakan udang. Beberapa produk andalannya berupa software management tambak udang (Sgarabook) dan marketplace untuk segala keperluan tambak (Sgarahub). “Kami memulai terjun di bidang pertambakan udang dikarenakan memiliki latar belakang sebagai petambak udang dan kami melihat adanya potensi yang besar di budidaya udang jika data kami gunakan dengan baik,” terang Jason. 
 
 
CJ Feed dan Sgara bekerja sama untuk mendatangkan software manage¬men tambak yang lebih modern untuk para petambak, khususnya customer CJ Feed. Sgarabook memudahkan petambak untuk dapat menganalisa data lebih cepat dan real time. Ditambah, Sgarabook menghadirkan analisa data yang mungkin sebelumnya petambak lewatkan. 
 
 
“Kami terus memperbarui dan menam¬bah analisis data di platform Sgara sehingga petambak bisa mendapat gambaran yang lebih jelas terhadap apa yang terjadi dalam tambak. Dari analisis data di platform Sgara, petambak juga dapat mendapatkan rekomendasi perlakuan dari masalah yang ditemukan dalam platform kami sehingga produktivitas tambak dapat meningkat. Semuanya dilakukan dengan konsep Saas (Software as a Service),” urai Jason. 
 
 
Dengan software yang ditawarkan, menurut Jason, petambak dapat mengakses data tambak mereka secara realtime dimanapun dan kapanpun serta mendapat alert/peringatan apabila kualitas air tidak sesuai ekspektasi. “Data yang di input dalam Sgarabook juga di tampilkan lebih menarik dan mudah di lihat, sehingga analisa data sehari-hari lebih mudah dan cepat,” klaimnya. 
 
 
Melalui kerjasama yang terjalin, Jason berharap petambak berani mencoba dan membuktikan efektivitas platform Sgara. Ia juga mendorong agar petambak mulai lebih sadar akan pentingnya data. “Dengan data yang lengkap dan analisa Artificial Intelligence yang sedang kami kembangkan, kami yakin produktivitas tambak udang dapat lebih stabil atau bahkan meningkat,” pungkasnya. TROBOS Aqua/Adv 
 

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain