Senin, 15 Pebruari 2021

Harga Pakan Ikan Terus Naik

Harga Pakan Ikan Terus Naik

Foto: Istimewa


Purwakarta (TROBOSAQUA.COM). “Ibaratnya, sudah jatuh tertimpa tangga pula. Kondisi saat ini ketika musibah melanda, harga pakan naik cukup tinggi,” terang Hajjah Atik, pembudidaya ikan mas di Waduk Jatiluhur, Purwakarta – Jawa Barat melalui sambungan telepon (10/2). Saat ini, pembudidaya ikan mas di Waduk Jatiluhur dan sekitarnya sedang menghadapi tantangan upwelling. 
 
Sambungnya, hingga kini harga pakan berkisar antara Rp 460 ribu – Rp 470 ribu per karung dengan isi 50 kg pelet. “Kenaikan harga pakan sudah terjadi sebanyak 3 kali. Mulai dari Desember 2020 lalu sebanyak 1 kali, Januari 2021 kemarin 2 kali naik, dan wacananya harga pakan akan naik lagi di Februari 2021 ini,” imbuh Atik kepada TROBOS Aqua. 
 
Ia kemudian menjelaskan bahwa, sebenarnya, pada awal-awal pandemi pakan sudah 1 kali naik. Namun, pembudidaya mengajukan keberatan melalui Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) agar disampaikan kepada Menteri sebelumnya agar tidak terjadi kenaikan pakan.
 
 “Pada saat itu pakan sempat naik, setelah kami mengajukan keberatan dan dibantu GPMT, harga pakan turun kembali ke harga sebelumnya,” ucapnya. 
 
Harapannya, Atik sampaikan, agar Menteri Kelautan dan Perikanan (Men KP) Sakti Wahyu Trenggono bisa membantu para pembudidaya secara umum. 
 
“Secara khususnya, pembudidaya ikan di KJA untuk menekan harga pakan sehingga tidak melambung tinggi. Sangat besar harapannya kami kepada Men KP baru untuk melakukan subsidi pakan. Dengan demikian pembudidaya pun bisa merasa lebih ringan dalam menghadapi kondisi saat ini yang dirasa cukup berat,” tutupnya.rizki
 

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain