Sabtu, 25 April 2020

Hand Sanitizer dari Kombinasi Ekstrak Rumput Laut

Hand Sanitizer dari Kombinasi Ekstrak Rumput Laut

Foto: ist/dok.KKP


Jakarta (TROBOSAQUA.COM). Meskipun menggunakan pembersih tangan adalah cara cerdas untuk memperlambat dan mencegah penyebaran virus, mencuci tangan dengan sabun dan air biasa digunakan, tetapi pembersih tangan yang tidak memerlukan aliran air telah menjadi populer juga.

 

Cukup mengoleskan handsanitizer ke tangan dan menyebarkannya di sekitar sehingga menjangkau sebagian besar atau seluruh kulit di tangan.

 

Hand sanitizer tersedia dalam gel atau busa, dan banyak termasuk agen antimikroba. Salah satu agen antimikroba tersebut adalah alkohol, dan produk pembersih tangan berbasis alkohol telah digunakan secara luas.

 

Formulasi gel pembersih tangan yang mengandung kombinasi ekstrak rumput laut Eucheuma spinosum dan Eucheuma cottonii, penelitian oleh mahasiswa farmasi dari Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara. Rumput laut diekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut metanol.

 

Kombinasi ekstrak pada konsentrasi 4% dengan rasio 1: 1 menentukan Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) dan Konsentrasi Bakterisidal Minimum (MBC). Kombinasi ekstrak yang dapat membunuh bakteri diformulasikan menjadi sediaan gel pembersih tangan menggunakan carbopol sebagai dasar gel dengan metode dispersi mekanis. Aktivitas antibakteri gel terhadap bakteri S. aureus dan E. coli menggunakan metode pengenceran.

 

Hasil yang diperoleh dengan nilai MIC untuk bakteri S. aureus adalah 2% dan 4% untuk bakteri E. coli. Nilai MBC kombinasi ekstrak terhadap bakteri S. aureus dan E. coli adalah 4%.

 

Sediaan gel diperoleh dalam bentuk aroma semipadat, hijau, bening, teh hijau, dan pH 6,3 dan 5,7. Formulasi pengental tambahan dalam gel alkohol dan pembersih dapat meningkatkan viskositas dan suspensi, dapat menghasilkan gel atau pembersih tangan tipe-gel, dan membatasi laju penguapan alkil monoalkohol dalam beberapa perwujudan.

 

Di sisi lain, kombinasi ekstrak rumput laut cocok untuk semua jenis kulit, mengembalikan keseimbangan pH alami, dan dapat menunjukkan aktivitas bakterisida. ist/ed/meilaka

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain