Minggu, 15 Maret 2020

Produk Perikanan Budidaya Lolos Audit Uni Eropa

Produk Perikanan Budidaya Lolos Audit Uni Eropa

Foto: asep
Panen budidaya udang

Jakarta (TROBOS). Produk Perikanan Budidaya Indonesia dinilai telah memenuhi persyaratan jaminan mutu dan keamanan pangan, sehingga layak untuk diekspor ke Uni Eropa. Demikian kesimpulan sementara yang disampaikan tim audit Directorate General for Health and Food Safety (DG Sante)-Uni Eropa dalam Closing Meeting Audit Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan di Jakarta, (12/3). Adapun kesimpulan akhir akan disampaikan secara resmi oleh tim DG Sante sebulan kemudian.
 
 
Dalam penjelasannya, Ketua Tim Auditor DG Sante, Miguel Mendes, menyampaikan bahwa pelaksanaan sistem jaminan mutu dan keamanan pangan pada bidang perikanan budidaya pada prinsipnya sudah cukup baik. Artinya menurut hasil penilaian, para pelaku usaha budidaya di Indonesia telah cukup konsisen menerapkan sistem mutu dan keamanan pangan dalam setiap tahapan proses produksi. Hanya saja, menurutnya ada penurunan jumlah sertifikasi Good Aquaculture Practices (Cara Budidaya Ikan yang Baik) dan jumlah sampel monitoring residu di tahun 2019.
 
 
Untuk bahan perbaikan ke depan, DG Sante merekomendasikan beberapa hal agar dapat ditindaklanjuti oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Rekomendasi tersebut diantaranya (1) peningkatan kompetensi auditor Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), petugas pengambil contoh dan monitoring residu, dan pelaksana monitoring; (2) perlunya meningkatkan konsistensi penerapan SOP yang dibuat; (3) melakukan harmonisasi regulasi yang ada di Indonesia dengan ketentuan yang berlaku di Uni Eropa.
 
 
Sementara itu, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjkato, menyambut baik hasil audit DG Sante tersebut. Menurutnya, dengan pemenuhan persyaratan, sistem dan implementasinya di bidang budidaya yang tidak ditemukan penyimpangan/temuan yang berarti, dapat disimpulkan bahwa DJPB telah menjalankan official control yang mampu memberikan jaminan keamanan pangan dan mutu hasil perikanan budidaya yang memenuhi persyaratan Uni Eropa. Produk perikanan budidaya Indonesia selayaknya mendapat pangsa pasar lebih besar di Uni Eropa dan berbagai negara pembeli lainnya. meilaka
 

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain