Jumat, 31 Januari 2020

Produksi Udang Ditarget Naik 95 Ribu Ton Tahun Ini

Produksi Udang Ditarget Naik 95 Ribu Ton Tahun Ini

Foto: illustrasi/dok.KKP


Jakarta (TROBOSAQUA.COM). Produksi udang nasional ditargetkan naik sebesar 95 ribu ton beranjak dari angka 1,05 juta ton tahun lalu, menjadi 1,2 juta ton.

 

Melalui keterangan tertulis pada Kamis (29/1), Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengungkapkan akan  memperhatikan sub sektor perikanan budidaya. Menurutnya, sub sektor ini berpeluang besar dalam menopang perekonomian nasional dan menciptakan lapangan kerja baru. Dia menyebut, baru 10% potensi lahan perikanan budidaya yang tergarap.

 

Perikanan budidaya yang menjadi fokusnya saat ini adalah komoditas udang. Ia pun menargetkan produksi udang nasional tahun 2020 naik menjadi 1,2 juta ton dibanding tahun 2019 yang mencapai 1,05 juta ton.

 

Langkah strategis untuk mencapai target tersebut dengan melakukan pengembangan kawasan budidaya udang berbasis klaster, antara lain melalui revitalisasi tambak idle di 6 kab/kota di 6 provinsi (Aceh-Aceh Tamiang, Lampung-Lampung Selatan, Sulteng-Buol, Kalteng-Sukamara, Gorontalo-Bone Bolango, dan Sulut-Boolang Mongondo).

 

Selain merevitalisasi lahan tambak, Edhy menjelaskan produktivitas tambak udang juga diharapkan meningkat dari 1 ton/ha menjadi 6 ton/ha. Caranya, dengan menerapkan inovasi teknologi klaster tambak udang berkelanjutan dan rehabilitasi infrastruktur tambak seperti saluran, dan jalan produksi. Untuk itu diperlukan kerjasamalintas sektoral, terutama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
 

Menteri Edhy menguraikan, ekspor produk perikanan dan kelautan juga meningkat. Nilai ekspor hasil perikanan pada November hingga Desesember 2019 naik 2,9%/bulan, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan November - Desesember 2018 yang turun 6,23%/bulan. Produk yang diekspor di antaranya kepiting bakau, olahan sidat, olahan tilapia, dan pakan udang. Negara tujuan ekspor di antaranya Amerika Serikat, Filipina, Singapura, dan Malaysia. ist/ed/ntr

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain