Kamis, 9 Januari 2020

Nelayan Natuna Membutuhkan Tempat Penyimpanan Ikan

Nelayan Natuna Membutuhkan Tempat Penyimpanan Ikan

Foto: ist/dok.KKP


Natuna (TROBOSAQUA.COM). Nelayan kepulauan Natuna membutuhkan tempat penyimpanan ikan (cold storage) untuk menampung ikan saat hasil tangkapan melimpah.

 

Keingingan itu mereka sampaikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, saat meninjau operasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Natuna di Selat Lampa, Selasa (7/1). Edhy meluangkan waktu untuk mendengar aspirasi nelayan.

 

Setidaknya ada 3 hal yang disampaikan nelayan Natuna, antara lain kebutuhan air bersih, ketersediaan bahan bakar, dan yang paling serius adalah soal kestabilan harga ikan. Khusus mengenai kestabilan harga ikan, Menteri Edhy langsung memberi solusi. Ia berjanji kepada  nelayan setempat untuk segera membangun tempat penyimpanan ikan (cold storage).

 

Menurutnya, ini adalah salah satu solusi KKP bagi ketidakstabilan harga ikan yang kerap dihadapi nelayan. Nelayan dapat menyimpan hasil tangkapannya di cold storage saat harga ikan sedang turun. Ikan dapat langsung dikeluarkan dan masih dalam keadaan segar ketika harga mulai stabil.

 

Dalam kunjungannya kali ini, Menteri Edhy juga didampingi Dirjen Perikanan Tangkap Zulficar Mochtar dan Dirjen Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto.

 

Ditinjau Presiden

Keesokan harinya, Presiden Joko Widodo dan Menteri Edhy Prabowo menemui ratusan nelayan di SKPT Selat Lampa, Pelabuhan Perikanan Selat Lampa Natuna, Kabupaten Natuna.

 

Presiden dan KKP ingin memastikan bahwa SKPT yang telah beroperasi setelah menjalani masa pembangunan selama kurang lebih empat tahun tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh para nelayan. SKPT diharapkan menjadi pusat ekonomi baru sektor kelautan dan perikanan di Natuna.

 

SKPT Selat Lampa mulai beroperasi pada Oktober 2019 lalu. Presiden berharap agar para nelayan dapat mengelola fasilitas tersebut dengan baik dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi optimalisasi potensi perikanan di daerah setempat. ist/ed/ntr

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain