Minggu, 15 Desember 2019

Pakan Shoori Pilihan Tepat Pecinta Koi

Pakan Shoori Pilihan Tepat Pecinta Koi

Foto: 
Beberapa produk andalan pecinta ikan hias dari MS

Kandungan vitamin dan mineral pada pakan Shoori sudah di-upgrade, sehingga penghobi tidak perlu lagi menambahkan premix dan feed additive lainnya.
 
 
Ajang kontes dan pameran ikan hias terbesar di Indonesia, Nusatic 2019, jadi ajang yang tepat bagi perusahaan pakan PT. Matahari Sakti (MS) untuk mengenalkan ulang pakan (relaunching) koi andalannya. Dalam acara yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang-Banten selama tiga hari itu (29/11-1/12), MS membagikan secara cuma-cuma 4.500 buah pakan koi sebagai upaya promosinya. 
 
 
Di Nusatic kali ini, MS mengenalkan pakan koi untuk kelas premium, Shoori. Menurut Area Sales Manager MS, Erna Sitorus, pakan Shoori sebetulnya bukan pakan baru yang dikeluarkan oleh MS. Pakan ini sudah lama ada, hanya saja saat ini kualitas nutrisinya diperkaya lagi untuk memudahkan para penghobi ikan koi. 
 
 
Ia menyebutkan bahwa pengayaan nutrisi yang diberikan pada Shoori baru ini adalah upgrade kandungan vitamin dan mineral. Vitamin ini, sambung Erna, sangat penting untuk meningkatkan kualitas reproduksi ikan. “Supaya koi itu fertilitasnya (daya tetas telur) bisa tetap tinggi, dan mortalitasnya (tingkat kematian) rendah,” tambahnya. 
 
 
Dengan pengayaan nutrisi ini, Erna mengungkapkan bahwa penghobi tidak perlu lagi menambahkan imbuhan pakan (feed additive) seperti premix dan sejenisnya. Sehingga pakan ini juga sangat cocok untuk para pencinta koi yang sibuk dan sudah menggunakan mesin auto feeder untuk pemberian pakannya. “Jadi kamu tenang bekerja, hasilnya bisa kelihatan,” ujarnya. 
 
 
Selain itu, Shoori juga sudah diperkaya dengan atraktan yang bisa menarik penciuman ikan untuk segera memakannya. Kecepatan pakan dimakan tersebut bertujuan untuk menngurangi potensi pencemaran kolam akibat pakan yang tidak termakan. Namun demikian, lanjut Erna, Shoori juga sudah didesain agar bertahan lama di dalam air. Sehingga apabila belum dimakan, air kolam tetap tidak kotor. “Ini sudah 3-4 jam di sini gak ngotorin,” ungkapnya sambil menunjukkan gelas berisi air yang telah ditaburi pakan Shoori. 
 
 
Spirulina dan Hi Grow 
Pada relaunching kali ini, MS memperkenalkan dua jenis pakan dari merek Shoori. Yaitu jenis Spirulina dan Hi Grow, keduanya sama-sama untuk koi kelas atas. Shoori Spirulina merupakan pakan koi premium yang diracik untuk merangsang pembentukan warna pada koi yang dipeli¬hara. “Kalau ini (Spirulina) untuk pewarnaan. Jadi lebih mahal karena ada penambahan Spirulina,” ungkap Erna saat dikunjungi TROBOS Aqua di stannya.
 
 
Sementara jenis Hi Grow difokuskan untuk pembesarannya. Tetapi Erna menyebutkan, Hi Grow juga mengandung Spirulina, hanya saja komposisinya tidak sebanyak jenis Spirulina itu sendiri. 
 
 
Pada momen kali ini, Erna mengatakan bahwa pihaknya ingin mengembalikan kejayaan pakan Shoori sebagai pakan lokal berkualitas ekspor. “Shoori itu produk lokal yang pertama kali diekspor ke luar negeri,” aku Erna. 
 
 
Soal kualitas ekspor, Erna mengatakan pihaknya telah melakukan pelatihan untuk tim RnD (research and development) mereka hingga ke luar negeri untuk mendapatkan nutrisi pakan yang paling optimal. “Untuk kualitas benchmarking-nya sudah mengarah ke internasional,” ujarnya. 
 
 
Sesuaikan dengan Ikan 
Selain menyediakan pakan koi untuk ikan grade A, tambah Erna, pihaknya menyediakan pakan untuk koi kelas menengah. “Kelas ikannya lho ya, bukan penghobinya,” ujar Erna langsung menjelaskan maksudnya. 
 
 
Menurutnya, secara alami ikan koi memiliki gen yang berbeda satu dengan yang lainnya. Faktor genetik tersebut bisa mempengaruhi 50 % dari warna yang dihasilkan. Jika gen ikannya bukan dari keturunan yang bagus akan sulit untuk menghasilkan warna yang bagus pula. Meskipun diberi pakan yang premium. 
 
 
Oleh karena itu, Erna menganjurkan untuk menggunakan pakan koi dengan kualitas yang disesuaikan kebutuhan. “Untuk middle ke bawah, kita sarankan (pakan) Kohaku,” ujarnya menyebutkan nama pakan lainnya. Selain itu Erna juga mempromosikan pakan koi lainnya dengan merk Ikushu dan Taisho. TROBOS Aqua/Adv 
 

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain