Sabtu, 23 Nopember 2019

Kampanye Gemarikan di Hari Ikan Nasional Ke-6

Kampanye Gemarikan di Hari Ikan Nasional Ke-6

Foto: dok.KKP


Jakarta (TROBOSAQUA.COM). Perayaan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 tahun 2019 diisi dengan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di area Gedung Mina Bahari III, Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan - Jakarta pada Kamis (21/1).

 

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengundang 1.000 siswa dan ribuan pegawai turut hadir untuk makan ikan bersama pada acara bertema “Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa” ini.

 

Tak sebatas perayaan, Menteri Edhy mengusulkan agar KKP dapat meneruskan misi dari acara ini dengan membagikan ikan ke berbagai sekolah setiap minggunya secara rutin melalui program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

 

“Acara ini setahun sekali. Kalau kita kasih anak kita makan ikan setahun sekali kan sedikit sekali ya? Gimana kalau kita usul kepada para Dirjen agar melakukannya lebih rutin. Bila perlu, seminggu berapa kali lewat program GEMARIKAN. Jadi kita kirim ke sekolah-sekolah biar anak-anak kita dapat ikan,” tuturnya di hadapan 1.000 siswa, guru, dan kepala sekolah dari tingkat PAUD, SD, SMP hinga SMA/SMK yang berlokasi di sekitar kantor KKP.

 

Kampanye Gemarikan sinkron dengan upaya pemberantasan kasus stunting yang saat ini menjadi prioritas pemerintah. “Kita punya pekerjaan rumah di negeri ini, salah satunya adalah memberantas stunting. Ikan adalah salah satu solusi yang saya pikir mudah dan cepat untuk kita lakukan,” ujar Edhy

 

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kurangnya gizi secara kronis sehingga anak tumbuh lebih pendek dari rata-rata usianya. Tak hanya secara fisik, stunting juga berdampak pada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit, dan penurunan produktivitas. Akibatnya, stunting pun berdampak pada rendahnya kualitas sumberdaya manusia dan daya saing bangsa.

 

Ikan sebagai sumber bahan pangan yang mengandung protein dan omega 3 diharapkan menjadi solusi dalam permasalahan gizi ini, terutama untuk mendukung ketersediaan sumber pangan bergizi untuk kecerdasan masyarakat. ist/meilaka

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain