Jumat, 22 Nopember 2019

Menimbang Ulang, Udang Vanamei atau Udang Windu ?

Menimbang Ulang, Udang Vanamei atau Udang Windu ?

Foto: dok.KKP


Thailand (TROBOSAQUA.COM). Pelaku perudangan mulai mempertimbangkan lagi, untuk melanjutkan produksi udang vanamei, atau kembali kepada si macan hitam / udang windu.

 

Laman Shrimpnews melansir pernyataan Robins McIntosh, seorang wakil presiden eksekutif di Charoen Pokphand Foods Public Company Limited (CPF) pada Konferensi dan Eksposisi Perdagangan Udang Dunia INFOFISH (Bangkok, Thailand, 12-14 November 2019). Diakuinya, ia adalah seorang penganjur untuk kembali ke udang windu (Penaeus monodon) dari udang putih Pasifik (P. vannamei).

 

Dia mengatakan bahwa ketika CPF mengembangkan perbenihan lebih lanjut sehingga menghasilkan induk udang windu specific pathogen free (SPF), tingkat kelangsungan hidup dan pertumbuhannya pun semakin mengejar udang putih Pasifik. Jika kemajuan berlanjut, mereka dapat mempertanyakan dominasi udang putih Pasifik sebagai pilihan pertama petani.

 

Pada konferensi itu, Manoj Sharma, petambak udang India dan direktur dari Mayank Aquaculture, mengatakan para petani udang harus belajar untuk “budidaya vannamei dengan cara udang windu”, yang berarti kepadatan tebar rendah, satu kali panen setahun sehingga menghasilkan panen udang berukuran jumbo. Sejak 2010/2011, Mayank Aquaculture dan tambak lemitraannya telah berhasil membudidayakan "vannamei the tiger way". Cara ini menghasilkan lebih dari 25.000 metrik ton udang setiap tahun. ist/meilaka

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain