Jumat, 18 Oktober 2019

India dan Ekuador, Pemasok Udang AS

India dan Ekuador, Pemasok Udang AS

Foto: ist/dok.FIS


Amerika Serikat (TROBOSAQUA.COM). India adalah pengekspor udang terkemuka ke Amerika Serikat, dan terus membuat jarak antara dirinya dan saingan terdekatnya, Indonesia.

 

Laman Shrimpnews melansir pernyataan analis perudangan dunia Ken Salzinger - penerbit buletin Ken’s Catch, hal itu dilakukan oleh India di tengah pengurangan kepadatan tebar, problem cuaca, dan masalah penyakit. Ken pun menyatakan hanya bisa membayangkan bagaimana jadinya jika India memproduksi udang dengan kapasitas penuh.

 

Karena penggunaan antibiotik yang dilarang, India sampai saat ini mengalami kesulitan dengan ekspor udang ke Uni Eropa.

 

Bagaimana dengan Ekuador? Ekspornya ke AS terus meningkat sejak April 2019, tetapi pada Agustus, ekspor mereka menurun lebih dari 10% dari angka tahun lalu. Realita ini, menurut Ken menimbulkan tanda tanya. Apakah permintaan dalam negeri AS menurun untuk udang Amerika Selatan ini.  Atau kah Ekuador telah menggelontor lebih banyak udangnya untuk pasar China.

 

Dan bagaimana dengan China? Sejak pemerintah China melarang udang dari beberapa eksportir Ekuador, ada sangat sedikit berita tentang situasi itu. Ekuador masih memiliki Uni Eropa sebagai pasar tujuan, tetapi pasar sekitar 375 juta orang itu tidak dapat dibandingkan dengan pasar raksasa di Timur — yaitu hCina — yang memiliki hampir empat kali lebih banyak orang. ist/meilaka

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain