Jumat, 4 Oktober 2019

Homegrown Shrimp, Anak Perusahaan CPF di Florida Berproduksi Tahun Depan

Homegrown Shrimp, Anak Perusahaan CPF di Florida Berproduksi Tahun Depan

Foto: istimewa/dok.homegrownshrimp-usa.com


Florida (TROBOSAQUA.COM). Homegrown Shrimp LLLC – Amerika Serikat, anak perusahaan dari Charoen Pokphand Foods – Thailand membangun tambak udang resirkulasi di daratan, yang berjarak 30 mil dari West palm Beach – Florida.

 

Laman Shrimpnews menyiarkan, tambak udang baru ini diharapkan akan panen perdana pada Maret 2020, dan akan mengelola limbahnya secara berkelanjutan.

 

Jika tambak udang ini berhasil berproduksi, maka akan menjadi percontohan bagi perudangan Amerika Serikat untuk model pertambakan udang di daratan (jauh dari laut). Tambak ini dirancang dengan 14 modul bak yang selanjutnya akan dikembangkan menjadi 4 kali lipat. Setiap modul diharapkan bisa memproduksi 45 ton per periode budidaya, dengan 3-4 periode budidaya pertahunnya.Semua limbah tambak akan di kumpulkan dan diolah dengan proses anaerobik atau teknologi ekstrusi limbah.

 

Shrimpnews juga memuat, Homegrown Shrimp akan membangun pembenihan udang sistem resirkulasi, yang dipatok target produksi 10 juta benur (postlarvae/PL) perbulan. PL dihasilkan dari strain induk specific pathogen free (SPF) jenis unggul yang diproduksi CPF Thailand. Produksi PL perdana akan dikeluarkan pada Februari 2020. Adapun kelebihan produksinya nanti akan dijual kepada petambak udang di AS dan Eropa.

 

CPF memperoleh lokasi tambak udang resirkulasi di dekat Indiantown itu dari sebuah usaha budidaya udang yang bangkrut pada maret 2019. Homegrown Shrimp membelinya seharga USD 6,5 juta, yang kemudian dipakai untuk proyek ini.
 

CPF telah mempercayai bahwa masa depan budidaya udang akan berada jauh di daratan (land based). Alasannya adalah kedekatan dengan pasar dan isu kelestarian lingkungan budidaya akan menarik konsumen. Di sisi lain, kemajuan teknologi telah meningkatkan feasibilitas dari budidaya udang di daratan. ist/meilaka

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain