Minggu, 15 September 2019

Bimbingan Teknis Tingkatkan Keterampilan Pembudidaya

Bimbingan Teknis Tingkatkan Keterampilan Pembudidaya

Foto: 
Kunjungan Lokasi Budidaya Lele

Perlunya diadakan peningkatan keterampilan para pembudidaya, agar pelaku usaha perikanan menjadi sejahtera
 
 
Demi meningkatkan keterampilan dan produksi serta kesejahteraan pembudidaya ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang – Banten melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) mengenai budidaya ikan (20-22/8) di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang - Jawa Barat. Kegiatan tersebut bertemakan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Diversifikasi Usaha Budidaya Perikanan” dan diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari berbagai stakeholders budidaya. 
 
 
Pada saat membuka acara, Dwi Retno Susilaningsih selaku Kepala Bidang Pengelolaan dan Pemberdayaan Pembudidaya Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menyampaikan bahwa BLUPPB Karawang merupakan pilihan tepat untuk bimtek kali ini yang bertemakan diversifikasi usaha di berbagai komoditas perairan. “Karena biasanya kami hanya ke balai tertentu, misalnya balai yang hanya membudidayakan ikan air tawar saja, atau balai yang membudidayakan komoditas payau dan laut. Kami melihat di BLUPPB memiliki keduanya, maka dari itu kami mengajak pembudidaya air tawar dan payau yang merupakan perwakilan dari 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang mengikuti kegiatan ini,” ungkap Retno. 
 
 
Tujuannya pun, tambah Retno, adalah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pembudidaya air tawar dan payau. “Harapan kami agar selepas bimtek ini para pembudidaya dapat mengaplikasikan apa yang diperoleh selama 3 hari ini. Dan juga semoga kedepannya usaha perikanan budidaya baik payau atau tawar di Kabupaten Tangerang bisa meningkat,” tutur Retno. 
 
 
Retno menambahkan, ada harapan kedepan dengan adanya sinergi ini. Yaitu, bisa lebih bersinergi dengan BLUPPB Karawang dalam kegiatan-kegiatan budidaya komoditas air laut dan payau. Sehingga program-program yang diberikan berupa bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) atau pemerintah daerah bisa termonitor dan berjalan dengan baik. 
 
 
“Dan juga kita Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang sebelumnya sudah sempat kerjasama dengan BLUPPB dalam pengadaan induk-induk lele. Inginnya kita, jika memungkinkan ada kerjasama berupa bantuan untuk para pembudaya ikan di Kabupaten Tangerang. Apalagi Kabupaten Tangerang merupakan salah satu kawasan minapolitan, sehingga nantinya bisa semakin maju dalam budidayanya,” ungkap Retno. 
 
 
Menyambut kegiatan bimtek ini, Kepala BLUPPB Karawang, Warih Hardanu pun memberikan apresiasinya. Ia menyambut baik niat Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang yang akan melaksanakan kegiatan bimtek. “Untuk pelatihan semacam ini, baiknya dilakukan terus dan terprogram kedepannya. Karena dengan demikian akan meningkatkan dan mencetak para entrepre¬neur (wirausahawan) yang ada ataupun baru yang terampil,” ungkap Warih. 
 
 
Warih menyambung, adalah pilihan tepat bagi Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang untuk melakukan bimtek di BLUPPB Karawang, mengingat ada beberapa macam komoditas baik tawar dan payau. “Semoga dengan diadakannya bimtek ini peserta bisa mendapatkan ilmu yang menajadi bekal dalam usahanya,” harap Warih. 
 
 
Kegiatan Materi dan Kunjungan Lapang 
Bimtek ini sendiri dilaksanakan selama 3 hari 2 malam yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Mulai pemberian materi hingga kunjungan lapang ke lokasi budidaya yang dimiliki BLUPPB Karawang. 
 
 
Pada hari pertama peserta disambut oleh pihak BLUPPB Karawang. “Dan sebelum dilakukannya pemberian materi, peserta diberikan pre-test (tes pembuka) terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan peserta bimtek sejauh mana, dan nantinya akan diberikan post test (tes penutup) pada hari terakhir. Dengan demikian Dinas Kabupaten Tangerang mengetahui sejauh mana peningkatan pengetahuan para peserta bimtek,” ungkap Retno. 
 
 
Materi yang disajikan pada hari pertama mengenai pembuatan pakan mandiri, pengenalan penyakit pada ikan atau udang, serta standar pemeliharaan lele di BLUPPB Karawang oleh para ahli dari BLUPPB Karawang. Kamudian pada hari selanjutnya, pemberian materi diberikan dari pemilik Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Pasir Gaok, Sahban I Setioko, mengenai usaha budidaya lele segmentasi pembenihan. Dan dilanjutkan oleh perwakilan Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI) Ketua Bidang Lele Susilo Hartoko yang memberikan materi mengenai prospek budidaya lele. 
 
 
Tak luput pula pemberian materi mengenai budidaya udang dan bandeng, serta analisa usaha perikanan yang diisi oleh narasumber dari BLUPPB Karawang. Siang harinya, peserta diajak berkeliling ke fasilitas BLUPPB Karawang, dengan tujuan menunjukkan aplikasi dari materi yang selama ini diberikan. Selama kegiatan kunjungan di lapangan, peserta bimtek melakukan diskusi dan sharing (berbagi) pengalaman bersama praktisi di bidang masing-masing. Sehingga nantinya masalah-masalah yang dihadapi para pembudidaya air tawar maupun payau bisa terpecahkan.
 
 
Muhammad Guntur salah satu peserta bimtek menyampaikan, adanya kegiatan bimtek ini memberikan dampak positif kepada para pelaku usaha budidaya khususnya air payau yang ikut. Dimana selama kegiatan bimtek berlangsung materinya bagus dan aplikatif untuk meningkatkan produktivitas usaha budidaya air payau. “Kami perwakilan pembudidaya air payau dibawah binaan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, akan berupaya mengaplikasikan apa yang diperoleh selama bimtek. Dengan tujuan utama bisa membangun ekonomi perikanan pesisir Kabupaten Tangerang,” ucapnya yang juga selaku pembudidaya air payau. 
 
 
Tak hanya Guntur, tanggapan positif juga disampaikan Jaya Hartono selaku sekretaris Asosiasi ikan Lele Tangerang (Aleta). Ia menerangkan, kegiatan bimtek ini bermanfaat khususnya bagi para pembudidaya lele di Kabupaten Tangerang. “Kedepannya kami terus mencoba memperbaiki kondisi budidaya lele dengan bersinergi bersama Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, dan juga narasumber perwakilan APCI. Sehingga kita bisa memenuhi permintaan akan daging lele di Indonesia, khususnya wilayah Kabupaten Tangerang terlebih dahulu,” pungkasnya. TROBOS Aqua/Adv
 

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain